Mistik: 4 Gunung Paling Menyeramkan di Indonesia,

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 30 Desember 2022
0 dilihat
Mistik: 4 Gunung Paling Menyeramkan di Indonesia,
Gunung Semeru di Jawa Timur menjadi salah satu gunung yang dianggap paling angker di Indonesia. Foto: Repro Referensi wisata

" Selain bahaya cuaca, hewan buas juga masih menjadi momok mengerikan bagi para pendaki. Belum lagi hal mistis yang kerap terjadi di sebuah gunung "

KENDARI, TELISIK.ID - Mendaki gunung merupakan salah satu paket wisata dan liburan yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat, khususnya anak muda.

Pemandangan alam serta langit biru yang menghiasi bumi, ternyata akan terlihat lebih indah jika dilihat dari puncak gunung. Lelah selama pendakian akan terbayar lunas oleh keindahan alam sesampainya di puncak.

Namun sejatinya, gunung tetaplah tempat liar. Selain bahaya cuaca, hewan buas juga masih menjadi momok mengerikan bagi para pendaki. Belum lagi hal mistis yang kerap terjadi di sebuah gunung. Hampir semua gunung di Indonesia memiliki kisah mistisnya sendiri. Tapi, gunung berikut ini dianggap paling menyeramkan di antara gunung lainnya, dilansir dari berbagai sumber.

1. Gunung Halimun

Melansir Liputan6.com, gunung yang sudah tidak aktif ini terletak di sebelah timur dari Gunung Salak, perbatasan antara Kabupaten Bogor, Sukabumi, dan Lebak. Gunung Halimun memiliki ketinggian 1.925 mdpl dan dikelilingi oleh Taman Nasional Halimun Salak.

Konon katanya, di sekitar wilayah ini terdapat benteng-benteng milik Prabu Siliwangi yang tidak kasat mata dan dijaga oleh ratusan harimau Sang Prabu. Misteri Gunung Halimun ini tidak lepas dari sejarah kehancuran Kerajaan Siliwangi yang diserang Kesultanan Banten. 

Baca Juga: Natalie Holscher Mendapat Hidayah Saat Tertidur

Karena mengalami kekalahan, sisa-sisa pasukan kerajaan Siliwangi melarikan diri, laskar perang bubat melarikan diri ke Gunung Salak dan punggawa Siliwangi melarikan diri ke Gunung Halimun. Di sini ada sebuah cerita yang mengatakan, apapun yang lewat di atas satu titik tanah yang sakral di Gunung Halimun, akan jatuh dan mati.

2. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut. Gunung ini memiliki kawah ganda. Kawah barat yang beradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 meter. Pada ketinggian sekira 2.900 meter dpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet. 

Gunung Ciremai dengan jalur mautnya dan seringnya jatuh korban dari para pendaki ternyata menimbulkan berbagai kisah menyeramkan. Beberapa kawasan di gunung ini diceritakan memiliki aura mistik yang kental. Salah satunya situs Kuburan Kuda, yang merupakan kuburan kuda tentara Jepang di masa penjajahan. Jika melewati daerah ini sering terdengar ringkikan kuda tanpa ada wujudnya.

3. Gunung Latimojong

Gunung yang ada di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan ini, konon juga indah dan menawan. Namanya makin terkenal di kalangan pendaki beberapa tahun terakhir, apalagi ditambah kabar pesawat Aviastar yang jatuh di bulan September tahun lalu itu yang juga ditemukan di sini. Namun, di balik keindahannya, Latimojong juga menyimpan cerita menakutkan. Ini adalah tentang hantu Poppo yang legendaris itu.

Baca Juga: Komika Mongol Bongkar Pendapatan Komunitas Setan: Narkoba hingga Film Porno

Masyarakat setempat percaya jika Latimojong adalah tempat bersemayamnya hantu Poppo. Fisik hantu Poppo sendiri sering digambarkan mirip seperti manusia, bisa terbang dan matanya berwarna merah. 

4. Gunung Semeru

Melansir Viva.co.id, Gunung Semeru di Jawa Timur menjadi salah satu gunung yang dianggap paling angker di Indonesia. Gunung tertinggi di Pulau Jawa diketahui memiliki dua lokasi yang disebut-sebut angker oleh masyarakat setempat maupun para pendaki yakni Ranu Kumbolo. Penampakan seram yang sering muncul dalam lokasi tersebut seperti pocong dan Arcopodo. Ada juga dua arca yang terkadang tiba-tiba hilang namun tiba-tiba muncul kembali. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga