Mistik: Cerita Pemilik Jenglot Kuku dan Taring Terus Tumbuh

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 14 Oktober 2023
0 dilihat
Mistik: Cerita Pemilik Jenglot Kuku dan Taring Terus Tumbuh
Jenglot diyakini punya kekuatan mistis, kuku dan taringnya terus tumbuh. Foto: Repro Kumparan

" Jenglot adalah makhluk gaib mirip boneka hitam, memiliki rambut ijuk, berkuku, dan bertaring panjang, tingginya kurang dari 12 cm "

KENDARI, TELISIK.ID - Cerita mistis seorang warga di Buton Tengah, Sulawesi Tenggara, telah memelihara jenglot selama 28 tahun. Diyakini bisa memberikan manfaat tertentu dengan perawatan yang tidak mudah.

Menurutnya, jenglot adalah makhluk gaib mirip boneka hitam, memiliki rambut ijuk, berkuku, dan bertaring panjang, tingginya kurang dari 12 cm.

La Kamisi (69) mengatakan, mendapatkan jenglot bukan perkara mudah. Hanya orang yang berjodoh dengan makhluk gaib ini yang bisa merawatnya dengan baik. "Tidak sembarang orang bisa dapat (jenglot)," ujarnya Jumat (13/11/2023), via telepon.

Jenglot milik La Kamisi didapatkannya dari sebuah tempat keramat di pedalaman hutan Buton Tengah. Dia mendapat isyarat dalam mimpi untuk memiliki boneka ini dan kemudian mendatangi makam orang sakti di Karawang tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Sedangkan menurut La Iraman (48), jenglot miliknya adalah jelmaan sosok manusia yang memiliki ilmu bhatara karang, ilmu keabadian yang membuatnya kekal abadi di dunia.

Baca Juga: Mistik, Cara Ini Diyakini Bisa Kalahkan Kuyang

Jasad manusia sakti ini tidak bisa diterima bumi karena dosa-dosanya, sehingga jasadnya tetap utuh dan mengecil menjadi jenglot.

Sementara Ridah Maila (64) memberikan peringatan bahwa jenglot harus diperlakukan dengan baik oleh pemiliknya.

Jenglot harus mematuhi perintah majikannya, dan jika digunakan untuk hal-hal jahat, kutukannya akan aktif. Jenglot juga butuh "makanan" dalam bentuk darah jika aktif digunakan untuk keperluan gaib.

Melansir nasional.temopo.co, keberadaan jenglot sering menjadi perdebatan di kalangan warga. Beberapa mempercayainya sebagai makhluk mistis dengan kekuatan gaib, sementara yang lain menganggapnya sebagai lelucon.

Seorang pengamat budaya di Surabaya, Agus Curik, meragukan keaslian jenglot yang ditemukan di Pantai Watu-Watu, Kenjeran Surabaya.

Agus Curik meyakini bahwa jenglot tersebut palsu, terbuat dari tulang binatang dan kulit binatang yang dibentuk menyerupai manusia. Meskipun demikian, keberadaan jenglot tersebut menjadi sensasi di masyarakat, bahkan membuat pelayanan di kantor Camat Bulak terganggu karena banyaknya pengunjung yang penasaran.

Baca Juga: Mistik: Cerita Seram, Wanita Diikuti Makhluk Gaib saat Liburan di Pantai

Camat Bulak, Suprayitno, akhirnya memutuskan untuk melarung jenglot ke laut untuk mengakhiri sensasi tersebut. Ia mengungkapkan bahwa jenglot tersebut telah membuat pelayanan di kantornya terganggu dan memutuskan untuk menyingkirkannya agar kehidupan kantor bisa kembali normal.

Meski masih dipertanyakan oleh sebagian orang, keberadaan jenglot tetap menjadi cerita mistik yang menarik perhatian banyak orang.

Bagi sebagian orang, jenglot adalah makhluk gaib yang misterius, sementara bagi yang lain, itu mungkin hanya sebuah cerita mistis yang menghibur. Namun, bagi pemiliknya, jenglot adalah sesuatu yang memiliki makna mendalam dan hubungan mistis yang sulit dipahami oleh orang lain. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga