Mistik: Cerita Roro Kidul Angkat Nyi Blorong jadi Pimpinan Perang Bangsa Jin

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 23 Agustus 2024
0 dilihat
Mistik: Cerita Roro Kidul Angkat Nyi Blorong jadi Pimpinan Perang Bangsa Jin
Nyi Blorong sering diceritakan dalam mitos sebagai pemimpin para lelembut. Namun, posisinya masih di bawah Nyi Roro Kidul. Foto: Repro IDN Times

" Cerita mistis yang melibatkan Nyi Roro Kidul dan Nyi Blorong telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat pesisir selatan Pulau Jawa "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Cerita mistis yang melibatkan Nyi Roro Kidul dan Nyi Blorong telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat pesisir selatan Pulau Jawa.

Dalam tradisi lisan yang diwariskan secara turun-temurun, kisah Nyi Blorong kerap dikaitkan dengan Nyi Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan yang konon terkenal dengan kekuatan luar biasa.

Mengutip sindonews.com, Jumat (23/8/2024), salah satu versi cerita yang berkembang menyebutkan bahwa Nyi Blorong adalah perwujudan lain dari Nyi Roro Kidul, sebuah manifestasi yang memperlihatkan kekuatan dan kebijaksanaan penguasa laut itu.

Namun, ada juga cerita yang menggambarkan Nyi Blorong sebagai putri dari Nyi Roro Kidul, seorang anak yang lahir dari hubungan mistis di kerajaan jin. Versi lainnya menyatakan bahwa Nyi Blorong sebenarnya adalah manusia biasa yang berasal dari keturunan bangsawan.

Nama asli Nyi Blorong dalam cerita ini adalah Nyimas Dewi Anggatri, putri dari Nyimas Dewi Rangkita, cucu dari Raja Caringin Kurung XI, Prabu Jaya Cakra. Kehidupan Nyimas Dewi Anggatri sebagai seorang putri raja penuh dengan kemewahan, namun kemewahan itu membuatnya menjadi sosok yang angkuh dan jahat terhadap sesamanya.

Baca Juga: Keindahan dan Kesan Mistik Gunung Popalia Konawe Selatan jadi Incaran Pendaki

Sifat buruk Nyimas Dewi Anggatri membuatnya tidak lagi diterima di lingkungan istana. Ia diusir dari keraton dan mengembara ke hutan yang terpencil. Dalam pengembaraan itu, dia tersesat dan memasuki sebuah gerbang gaib yang tidak disadarinya.

Nyimas Dewi Anggatri kemudian ditangkap oleh pasukan makhluk gaib dan dibawa ke hadapan Nyi Roro Kidul. Saat dipertemukan dengan sang ratu, Nyimas Dewi Anggatri menceritakan semua kejadian yang menimpanya.

Mendengar cerita itu, Nyi Roro Kidul merasa iba dan memutuskan untuk menerima Nyimas sebagai bagian dari kerajaannya.

Nyi Roro Kidul kemudian memberi nama baru kepada Nyimas Dewi Anggatri, yaitu Nyi Blorong. Tidak hanya nama, Nyi Roro Kidul juga memberinya kesaktian yang luar biasa.

Nyi Blorong memiliki kemampuan untuk berubah wujud menjadi seekor ular raksasa, sebuah kekuatan yang hanya dimiliki oleh makhluk-makhluk gaib tertentu.

Seiring berjalannya waktu, Nyi Blorong menunjukkan bakatnya dalam memimpin pasukan. Kemampuannya dalam strategi perang membuatnya diangkat oleh Nyi Roro Kidul menjadi pemimpin pasukan perang kerajaan gaib di Pantai Selatan.

Sebagai pemimpin pasukan, Nyi Blorong dikenal sangat tangguh dan disegani oleh bawahannya. Pasukan yang dipimpinnya terdiri dari jin-jin yang sangat setia.

Dibawah komandonya, pasukan kerajaan gaib selalu berhasil dalam setiap pertempuran yang mereka hadapi. Hal ini membuat Nyi Blorong semakin terkenal di kalangan makhluk gaib dan manusia.

Ia dikenal sebagai panglima tertinggi di pasukan pertahanan Kerajaan Pantai Selatan, sebuah gelar yang hanya diberikan kepada mereka yang memiliki kemampuan ghaib luar biasa.

Baca Juga: Pesona Danau Fotu Buteng, Serta Cerita Mistik di Baliknya

Selain memimpin perang, tugas utama Nyi Blorong adalah menyesatkan manusia. Ia menggunakan kecantikan dan kekayaannya sebagai alat untuk memikat manusia.

Bagi Nyi Blorong, menyesatkan manusia adalah tugas yang mudah karena ia memahami sifat dasar manusia yang penuh dengan ketamakan dan ambisi. Nyi Blorong menawarkan kekayaan yang melimpah kepada manusia dengan syarat mereka harus menyerahkan tumbal.

Tumbal ini biasanya adalah jiwa manusia yang kemudian akan dijadikan budak atau prajurit di Kerajaan Pantai Selatan.

Kisah tentang Nyi Blorong tidak berhenti di situ. Kepercayaan masyarakat juga menyebutkan bahwa kecantikan dan kekuatan Nyi Blorong mencapai puncaknya saat bulan purnama. Pada malam bulan purnama, Nyi Blorong akan berubah menjadi sosok perempuan yang mengenakan kebaya hijau.

Namun, ketika bulan mulai mengecil, ia akan berubah menjadi siluman ular raksasa. Sosok Nyi Blorong dalam wujud siluman ini sangat menakutkan dan penuh dengan aura mistis yang membuat siapa pun yang melihatnya akan merasa gentar. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga