Mistik: Jenazah Pelaku Santet Ditinggal, Bau Busuk Menyengat

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 30 September 2023
0 dilihat
Mistik: Jenazah Pelaku Santet Ditinggal, Bau Busuk Menyengat
Penggambaran dukun dengan media santet. Foto: Tempo, istockphoto

" Seorang lelaki lanjut usia, diduga dikenal sebagai pelaku santet di suatu kampung, meninggal dunia. Namun, tak ada yang mau mengurusi jenazahnya karena ketakutan. Bahkan istrinya harus memohon maaf dan bantuan agar suaminya dapat dimakamkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Seorang lelaki lanjut usia, diduga dikenal sebagai pelaku santet di suatu kampung, meninggal dunia. Namun, tak ada yang mau mengurusi jenazahnya karena ketakutan. Bahkan istrinya harus memohon maaf dan bantuan agar suaminya dapat dimakamkan.

Penduduk setempat merasa terpaksa mengatasi tugas itu. Saat mencuci jenazahnya, mereka harus menggunakan sarung tangan karet dan masker tebal karena tubuhnya sudah membusuk, mengeluarkan bau tajam.

Kejadian serupa pernah dialami oleh kakek seorang warga, di Buton Tengah, Sulawesi Tenggara, Hiraman (23) yang menceritakan pengalaman kakeknya pada tahun 1998. Ilmu santet ini, menurut cerita kakeknya, harus digunakan dan jika tidak, akan ada konsekuensi yang ditanggung oleh pelaku santet dan keturunannya.

Baca Juga: Mistik: Cerita Seram, Wanita Diikuti Makhluk Gaib saat Liburan di Pantai

"Sebelum saya lahir ini kejadiannya, kakekku yang cerita waktu saya masih umur 12 tahun. Sampai sekarang saya masih ingat itu ceritanya masih teringat," ucapnya, Sabtu (30/9/2023), via telepon.

Lanjut ia bercerita, ketakutan kembali muncul karena anak lelaki pelaku santet mewarisi ilmu dari ayahnya. Sifat dan perilakunya mirip dengan sang ayah, menimbulkan ketakutan di kalangan warga. Mereka takut akan aksi jahat yang mungkin dilakukan oleh sang waris.

Warga lainnya, Wa Iko (58), Berbagi pengalaman serupa. "Saya tidak lihat secara langsung kejadiannya, tapi itu hari heboh semua kampung di sini karena kejadian itu," ungkapnya.

Iskandar, seorang warga Kota Kendari yang mengaku bisa melihat hal-hal gaib, memberikan wawasan tentang santet. Menurutnya, santet bisa terjadi pada siapa saja dan merupakan perbuatan bersekutu dengan setan yang sangat dibenci oleh Allah SWT.

Baca Juga: Mistik, Asrama Keraton depan UHO Kendari Kerap Muncul Suara Aneh

Melansir, news.Detik.com, beberapa cara untuk melindungi diri dari santet. Salah satunya adalah dengan membaca Alquran dan melakukan zikir. Ruqyah, proses membersihkan tubuh dari santet, melibatkan bacaan ayat Alquran dan zikir yang mudah.

Doa juga dapat digunakan sebagai perlindungan. Sebuah doa penangkal santet diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini berfungsi untuk melindungi diri dari godaan setan, binatang beracun, dan pengaruh buruk.

Namun, penyebab seseorang terkena santet juga dijelaskan. Kesalahan seperti lalai mengingat Allah SWT, tidak patuh terhadap ibadah, dan mengabaikan zikir-zikir syar'i dapat membuka peluang terkena santet. Allah SWT dalam Quran mengingatkan tentang bahaya berpaling dari pengajaran-Nya. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga