Mistik: Makhluk Ini Diyakini Makan Janin Bayi Demi Bertahan Hidup

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 18 Januari 2024
0 dilihat
Mistik: Makhluk Ini Diyakini Makan Janin Bayi Demi Bertahan Hidup
Saat siang hari, makhluk jadi-jadian tersebut berwujud wanita biasa (kiri) dan penggambaran kuyang saat mencari mangsa (kanan). Foto: Kolase, Istockphoto

" Sosok Makhluk jadi-jadian ini disebut sebagai kuyang, disinyalir memiliki kebiasaan mengerikan, yaitu memakan janin bayi untuk kelangsungan hidupnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Sosok Makhluk jadi-jadian ini disebut sebagai kuyang, disinyalir memiliki kebiasaan mengerikan, yaitu memakan janin bayi untuk kelangsungan hidupnya.

Kisah ini bukanlah hal asing di Indonesia, terutama dengan keberadaan hantu kuyang yang telah memunculkan berbagai cerita horor di Kalimantan, dan mendapat sebutan yang beragam di Sulawesi.

Sosok makhluk ini dikenal dengan kepala berambut panjang dan organ tubuh manusia (jeroan) sebagai ciri khasnya.

Tidak seperti makhluk halus lainnya, kuyang disebut tidak memiliki kelemahan yang jelas. Di Kota Kendari, seorang warga, Amir Sumarno mengungkapkan, kuyang memiliki sisi lemah tersendiri. Konon, makhluk ini adalah hasil jelmaan dari pesugihan manusia yang mencari keabadian.

Baca Juga: Mistik, Dapat Rezeki Nomplok karena Ular Hitam Datang Bawa Pesan

"Menurut cerita turun temurun, kuyang mencari darah baru lahir atau darah wanita saat melahirkan saat terbang di atas pemukiman warga," ucapnya, Kamis, (18/1/2024).

Seorang warga di Kabupaten Buton Tengah, Muhamad Afan saat dihubungi via telepon, mengetahui tanda khas kuyang yang dapat bertukar wujud dengan manusia.

"Jelas tandanya ada di leher, kalau di kampungku biasa disebut popo. Waktu masih kecil kalau ada yang melahirkan sering ronda jangan sampai datang itu kuyang," kata Afan.

Dikutip dari kanal YouTube Mbah Firma, meskipun mahluk ini berwujud manusia di siang hari, tubuhnya secara natural akan berperilaku aneh jika dihadapkan dengan bayi.

Bayi yang katanya lebih peka dibandingkan manusia akan merasakan anomali tersebut dan menangis ketakutan sebagai responsnya.

Sama seperti makhluk halus lainnya, kuyang memiliki hal yang ditakuti. Warga lokal percaya dengan membakar paku, menggunakan bulu landak, sapu lidi, serta menancapkan bawang merah dan putih ke jarum dapat mengusir sosok ini.

Baca Juga: Mistik, Cerita Horor Muncul Badan Tanpa Kepala Depan Rumah

Selain itu, lantunan ayat suci dari Alquran juga memiliki dampak pengusiran yang sama pada sosok ini. Ketika mereka mendengar lantunan tersebut di siang hari, mereka otomatis akan merasa gelisah.

Meski banyak yang percaya pada keberadaan kuyang, beberapa mengaku pernah merasakan kehadiran makhluk ini tanpa menyadari.

Salag seorang warga lainnya, Hardin mengungkap, kuyang dapat beradaptasi dengan masyarakat secara langsung tanpa diketahui banyak orang.

"Orangnya ada di sekeliling kita, namun ia (kuyang), dapat beradaptasi pada masyarakat secara langsung," ungkap, Hardin. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga