Mistik: Penampakan di Rumah Kosong hingga Televisi Menyala Sendiri

Apriliana Suriyanti, telisik indonesia
Jumat, 01 Oktober 2021
0 dilihat
Mistik: Penampakan di Rumah Kosong hingga Televisi Menyala Sendiri
Ilustrasi rumah tak berpenghuni. Foto: Repro Pinterest

" Rumah yang tak lagi dihuni biasanya menjadi sasaran tempat tinggal makhluk halus. "

KENDARI, TELISIK.ID – Selain manusia, orang-orang percaya bahwa ada makhluk lain yang juga eksis di muka bumi ini. Makhluk itu tak kasat mata.

Kadang menampakkan dirinya atau sekedar iseng membuat keributan-keributan kecil di sekitar tempat tinggal mereka.

Rumah yang tak lagi dihuni biasanya menjadi sasaran tempat tinggal makhluk halus. Seperti rumah milik bapak berinisial BS yang berada di Desa Aepodu, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan, kini memasuki tahun ke-4, rumah tersebut tidak lagi ditinggali.

Menurut pengakuan tetangga, rumah yang dibangun di atas tanah seluas setengah hektare ini ditinggal oleh sang pemiliki karena sudah memiliki rumah baru di Kota Kendari.

“Sudah lama itu rumah ditinggalkan. Kalau tidak salah antara tahun 2016 atau 2017. Sekarang sepertinya sudah menetap di Kendari, karena anak bungsunya kuliah di sana,” jelas Kadek, salah satu tetangga.

Baca juga: Putuskan Jadi Mualaf, Wanita Ini Tetap Sabar dan Bertahan Meski Ditolak Keluarga

Baca juga: Lewat Jasa Jahit Sepatu, Ayah Ini Berjuang Sekolahkan Anak-Anaknya

Kondisi rumah yang tidak terurus membuat rumput-rumput tumbuh dengan cepat dan liar. Pohon-pohon rindang membuat sekitar rumah terlihat gelap. Belum lagi, tembok rumah dipenuhi rayap menambah horor rumah ini.

Menurut beberapa warga, mereka sesekali melihat penampakan dan hal-hal aneh lainnya di sekitar rumah tersebut. Terlebih di waktu malam. Rumah itu diketahui hanya memiliki satu lampu jalan dan satu lampu teras yang kian meredup.

“Ada satu malam, tepatnya bulan Agustus lalu, saya terpaksa lewat depan rumah itu karena mau antar madu ke Bude. Pas pulang, saya lihat di dalam rumah TV-nya menyala. Saya langsung merinding, soalnya kaca rumahnya bening. Suasana di dalam rumah juga gelap karena tidak ada lampu, jadi TV menyala itu saya lihat dengan jelas,” beber Nisa melalui WhatsApp, Jumat (1/10/2021).

Sampai saat ini, diketahui beberapa masyarakat ada yang percaya dan pernah melihat penampakan lain di rumah ini. Seperti perkataan seorang anak kecil bernama Tina kepada mamanya, bahwa ia melihat sesuatu di atas mereka, berwarna putih dan beterbangan mengikuti mereka yang sedang melintasi jalanan depan rumah tersebut.

“Iya, dia bilang, lho apa itu di atas warna putih? Kok terbang-terbang? Saya langsung tancap gas. Suruh dia untuk tenang dan diam, karena saya juga sudah merinding,” tutup Wulan. (A)

Reporter: Apriliana Suriyanti

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga