MK Tolak Gugatan Paslon RAPI, Tim TERBAIK Imbau Pendukung Tidak Terlalu Euforia

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 16 Februari 2021
0 dilihat
MK Tolak Gugatan Paslon RAPI, Tim TERBAIK Imbau Pendukung Tidak Terlalu Euforia
Bupati Muna, LM Rusman Emba dan timnya menunggu hasil sidang. Foto: Ist.

" Permohonan pemohon tidak dapat diterima. "

MUNA, TELISIK.ID - Setelah melalui rapat permusyawaratan hakim (RPH), Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya memutuskan gugatan perselisihan hasil pemilihan (PHP) Pilkada Muna.

Dari hasil RPH tersebut, MK menolak seluruh dalil-dalil permohonan yang diajukan oleh pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Muna, LM Rajiun Tumada-La Pali (RAPI).

MK berpendapat permohonan pemohon terkait perbedaan identitas antara KTP-el dan ijazah tidak berkedudukan hukum. Olehnya, tidak ada relevansi untuk dilanjutkan pada sidang pembuktian.

"Permohonan pemohon tidak dapat diterima," kata Usman Anwar membacakan amar putusanya.

Atas putusan itu, MK akan menyampaikan amar putusannya pada KPU pada waktu tiga hari. Kemudian, akan dimuat pada website laman MK-RI.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Paslon Bupati-Wakil Bupati Muna, LM Rusman Emba-Bachrun Labuta (TERBAIK), La Ode Saera menghimbau pada seluruh tim pendukung, simpatisan dan masyarakat untuk tidak terlalu euforia dalam menanggapi putusan MK yang menolak gugatan paslon RAPI.

Baca juga: Jelang Putusan MK, Polisi Mulai Siaga

"Jangan terlalu euforia, atau melakukan konvoi," imbau Saera.

Mantan anggota DPRD Muna itu menerangkan, proses Pilkada Muna telah selesai. Karena itu, sudah saatnya masyarakat kembali bersatu dalam rangka membantu bupati-wakil bupati terpilih untuk menyusun program-program pembangunan demi kemajuan daerah.

"Kita berharap tidak ada lagi sekat-sekat. Saatnya kita kembali bersatu," ajaknya.

Ia memastikan, LM Rusman Emba tidak pernah menaruh dendam pada siapa saja yang tidak mendukungnya di Pilkada 9 Desember 2020 lalu. Di mata Rusman, semua masyarakat sama.

"Pak bupati tidak membeda-bedakan. Beliau orangnya terbuka. Siapa saja, beliau terima," ujarnya.

Ia juga berpesan agar para pendukung dan simpatisan untuk menahan diri sambil menunggu penetapan calon bupati-wakil bupati terpilih oleh KPU. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga