Mobil Ini Gak Kuat Nanjak Saat AC Hidup

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 08 November 2023
0 dilihat
Mobil Ini Gak Kuat Nanjak Saat AC Hidup
Salah satu jenis mobil LCGC, Daihatsu Ayla. Foto: Instagram @matadorracingmando, itsrivano

" Mobil LCGC, singkatan dari (Low Cost Green Car), memang menjadi pilihan favorit bagi masyarakat, yang mencari kendaraan ramah lingkungan dan terjangkau. Namun, saat Air Conditioner (AC) dinyalakan, mobil ini terasa kehilangan tenaga saat nanjak "

KENDARI, TELISIK.ID - Mobil LCGC, singkatan dari (Low Cost Green Car), memang menjadi pilihan favorit bagi masyarakat, yang mencari kendaraan ramah lingkungan dan terjangkau. Namun, saat Air Conditioner (AC) dinyalakan, mobil ini terasa kehilangan tenaga saat nanjak.

Salah satu pengguna mobil LCGC, Hamdin, pemilik Daihatsu Ayla di Kota Kendari, mengungkapkan pengalamannya. "Wajar tidak kuat nanjak, karena kecil tenaganya jadi saya harus matikan dulu AC_nya," ucapnya, Rabu (8/11/2023).

Masalah ini tidak hanya terjadi pada mobilnya, tapi juga dirasakan oleh banyak pengguna mobil LCGC lainnya di berbagai kota.

Melansir, otomotifnet.gridoto.com, menurut Andrew Prakuswo, ahli AC dari Fortune AC di Cibubur Point, Jakarta Timur, masalah ini kemungkinan besar disebabkan oleh putaran kompresor AC yang berat.

Baca Juga: Motor Bebek Ini Punya Mesin Gahar, Diklaim Teririt di Kelasnya

"Biasanya kalau tarikan mobil terasa berat saat AC dinyalakan, kemungkinan besar putaran kompresor AC mulai berat," jelasnya.

Penyebabnya adalah kemampuan oli kompresor yang menurun, mengakibatkan gesekan pada komponen mesin.

Namun, ini bukan satu-satunya kekurangan mobil LCGC. Mekanik terkemuka di Kota Kendari, Justam menjelaskan, meskipun mobil ini ramah lingkungan dan irit bahan bakar, ada kekurangan lain yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah ukuran bagasi yang tidak terlalu besar.

"Ruang bagasi LCGC tidak terlalu lebar, membuat pengguna sulit membawa banyak barang," kata Justam.

Kecepatan mobil LCGC juga menjadi sorotan, dengan kapasitas mesin hanya sekitar 1000-2000 cc, mobil ini tidak dapat mencapai kecepatan tinggi.

"Kecepatannya rendah karena kapasitas mesinnya terbatas, sehingga tenaga yang dihasilkan juga rendah," tambahnya.

Meski demikian, mobil LCGC tetap menjadi pilihan bagi banyak orang karena efisiensi bahan bakarnya yang tinggi.

Baca Juga: Motor Ini Bisa Jalan Tanpa Perlu Mengisi Bensin

Di sisi lain, para sales mobil LCGC tetap bersemangat menawarkan keunggulan mobil ini kepada calon pembeli. Nuning, seorang sales berpengalaman, menjelaskan harga mobil jenis ini sangat terjangkau.

"Harga rata-rata mobil LCGC kurang lebih Rp 200 juta, membuatnya menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil dengan budget terbatas," ucapnya dengan senyum ramah.

Meskipun mobil LCGC memiliki kekurangan, namun tetap menjadi solusi bagi banyak orang yang menginginkan mobil dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan. Dalam menghadapi masalah AC saat nanjak, pengguna harus bijak menggunakan AC demi menjaga tenaga mobil dan menghindari pemborosan bahan bakar yang tidak perlu. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga