Mobil Listrik Lexus Sudah Masuk Indonesia, Segini Harganya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 07 Oktober 2023
0 dilihat
Mobil Listrik Lexus Sudah Masuk Indonesia, Segini Harganya
Lexus RZ 450e Lucury model Lexus pertama yang didedikasikan khusus untuk BEV. Foto: Repro Gridoto.com

" Lexus RZ 450e Luxury model Lexus pertama yang didedikasikan khusus untuk BEV. Mobil ini menawarkan baterai berkapasitas 71,4 kWh "

JAKARTA, TELISIK.ID - Tren mobil listrik kini sudah mulai diikuti merek-merek mobil premium. Beberapa brand sudah menghadirkan kendaraan bertenaga listrik dengan harga yang dibanderol hingga miliaran rupiah.

Dilansir dari Liputan6.com, Lexus Indonesia menilai dengan semakin banyaknya pemain di segmen ini, menunjukkan strategi pabrikan telah sesuai dengan program pemerintah dalam menggenjot penggunaan kendaraan listrik.

Meski demikian, Lexus memiliki kepercayaan diri tinggi terhadap mereknya.

"Sebetulnya ini sesuai dengan arahan ataupun program dari pemerintah, ke arah BEV, pastinya semua brand akan mengarah kesana. Tapi kalau dilihat dari segmentasi, pasarnya agak berbeda karena Lexus mempunyai segmen sendiri yaitu luxury segment," terang Bansar Maduma, General Manager Lexus Indonesia di Jakarta belum lama ini.

Menurut dia, konsumen Lexus memiliki banyak konsiderasi dalam memilih kendaraan.

Baca Juga: Deretan Harga MPV Mewah Bekas per Oktober 2023, Mulai Puluhan Juta

"Jadi bukan hanya lebih ke arah functional misalkan seperti technical seperti BEV tapi juga ke pride, brand, dan juga services-nya," tambahnya.

Terkait proses produksi, Lexus Indonesia menyebut, belum memiliki rencana untuk melakukannya secara lokal. Ia menyebut, pihaknya saat ini fokus ke populerisasi dari brand Lexus di Indonesia.

"Untuk saat ini belum. Sekarang ini tujuan utama kami adalah bagaimana mempopulerisasikan terlebih dahulu Lexus product di indonesia dan memang kalau sudah populer pasti come up dengan populasi, dan karena saat ada populasi pasti kita akan consider untuk local production," katanya.

Dikutip dari Detik.com, Lexus RZ 450e Luxury model Lexus pertama yang didedikasikan khusus untuk BEV. Mobil ini menawarkan baterai berkapasitas 71,4 kWh dan dilengkapi dengan Thermal Management System yang berfungsi untuk menjaga suhu baterai.

Sekali cas, mobil listrik terbaru Lexus ini bisa melaju hingga 400 km. Secara desain, Lexus RZ mengadopsi konsep Limitless Design yang dinamakan "Seamless E-Motion". Tampilan depannya menggunakan Spindle Body Concept yang dibuat khusus untuk sebuah BEV.

Di bagian samping, terdapat velg 20-inch Alloy Dark Premium Metallic. Kemudian bagian belakangnya terlihat elegan dengan L-shaped Light Bar ditambah dengan Unified Lexus Logo yang mempertegas identitas desain khas Lexus.

Beralih ke interior, kabin Lexus RZ memperhatikan aspek human-centered. Hal itu terlihat pada fitur dan teknologi seperti Tazuna Concept pada bagian cockpit yang dapat meningkatkan koneksi pengemudi dengan kendaraan, kemudian terdapat Dial Shift Knob yang dikhususkan untuk model BEV. Selain itu, ada juga Shadow Illumination Door Trim untuk menciptakan pola yang intriguing, dan penggunaan material biodegradable yang merepresentasikan sustainability sebagai bagian dari visi Lexus Electrified.

Sistem berkendara Lexus RZ menggunakan DIRECT4 Technology, semacam sistem All-Wheel-Drive pintar. DIRECT4 secara otomatis mampu mendistribusikan tenaga yang dibutuhkan roda depan dan belakang sesuai dengan kebutuhan pengemudi.

Baik pada saat akselerasi, deselerasi, maupun cornering, DIRECT4 akan menjaga postur kendaraan tetap lurus dan stabil, sehingga memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan aman.

Lexus RZ mampu menghasilkan tenaga hingga 308 daya kuda. Mobil ini dilengkapi Drive Mode Select yang bisa disesuaikan dengan karakter dari masing-masing berkendara. Lexus RZ juga dilengkapi dengan Radiant Heater pertama dari Lexus yang terletak di area ruang kaki depan untuk konsumen yang membutuhkan kehangatan di dalam mobil.

Baca Juga: Ferrari Luncurkan Mobil Listrik Tahun Depan

Fitur ini didesain khusus untuk BEV Lexus, dengan menggunakan sumber daya yang minim sehingga tidak terlalu berdampak pada total jarak tempuh kendaraan. Tidak hanya itu, untuk memaksimalkan kenyamanan pengemudi, Lexus RZ juga telah dilengkapi dengan fitur Advance Park yang dapat melakukan parkir otomatis, baik posisi parkir seri maupun paralel.

Selain kenyamanan, Lexus RZ juga dilengkapi dengan fitur keamanan untuk pengemudi dan penumpang yang ditunjang dengan Lexus Safety System + (LSS+ 3.0). Lexus RZ 450e Luxury dijual dengan harga Rp 2.287.000.000 on the road Jakarta.

Harga itu sudah termasuk AC Wall Charger dan Portable Charger. Tak cuma bisa dicas di rumah, Lexus juga telah menyediakan charging station di setiap Lexus Gallery (Menteng, Mampang, dan Pluit), Lexus Brand Space (IMMERSION by Lexus), serta pusat perbelanjaan besar di Jakarta seperti seperti Summarecon Mal Kelapa Gading 3, Grand Indonesia, Central Park Mall, dan PIK Avenue.

Lexus juga menyediakan E-LMCS atau Electric Charging Mobile Concierge Service yang bisa dimanfaatkan pelanggan apabila dalam keadaan emergency. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga