Mobil Listrik Masih Sepi Peminat Meski Disubsidi, Ini Alasannya

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 06 Juni 2023
0 dilihat
Mobil Listrik Masih Sepi Peminat Meski Disubsidi, Ini Alasannya
Hyundai Kota Kendari memporomosikan penggunaan mobil listrik. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Kendaraan listrik berbasis eco green yang mengedepankan kepedulian terhadap lingkungan, di Kota Kendari masih sepi peminat meski disubsidi pemerintah "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah mendorong penggunaan kendaraan listrik sebagai salah satu teknologi dekarbonasi sektor transportasi. Meski demikian, kendaraan listrik ternyata masih sepi peminat.

Kehadiran kendaraan listrik berbasis eco green yang mengedepankan kepedulian terhadap lingkungan, harusnya menyita perhatian masyarakatat untuk mengadopsi kendaraan listrik ini.

Di samping harganya yang terbilang mahal, perlu diketahui, masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan menimbang-nimbang sesuatu. Terlebih kendaraan listrik utamanya mobil, harus merogoh kocek yang dalam, meskipun sudah disubsidi pemerintah.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, khusus mobil listrik, bantuan yang diberikan bukan subsidi Rp 7 juta per unit seperti sepeda motor, melainkan insentif berupa potongan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari sebelumnya 11 persen jadi 1 persen.

Baca Juga: BMW akan Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia, Simak Model Barunya

Hal ini sesuai dengan pernyataan Manajer Cabang Hyundai Kota Kendari, Asdy Abdi Toyar. Dia mengungkapkan bahwa sudah ada subsidi dari pemerintah dengan penurunan PPN, sehingga mengalami penurunan harga dari Rp 800 juta menjadi Rp 700 juta.

"Kondisi masyarakat kita, boleh dibilang kalau mobil sudah di harga Rp 500 juta sudah dianggap mahal, padahal manfaatnya lebih banyak," ujarnya.

Baca Juga: Anggaran Mobil Listrik ASN Nyaris Rp 1 M per Orang

Dikatakan, untuk mobil listrik Hyundai Ioniq 5, penggunanya di Kota Kendari baru satu orang. Ini mungkin disebabkan masalah harga. Diakui, di Indonesia timur belum terlalu banyak peminat, namun di Pulau Jawa sudah banyak.

Sementara menurut Sekretaris Daerah Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, terkait program nasional tentang penggunaan mobil listrik, akan disesuaikan dengan kebijakan dan melihat kondisi daerah.

"Menyangkut kebijakan nasional kita akan menyesuaikan. Terkait peduli lingkungan dan hemat energi, kita akan sesuaikan dengan kondisi dan karakteristik daerah," ucapnya. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga