Mochi, dari Kue Tradisional Jepang hingga jadi Kuliner Hits

Nur Fauzia, telisik indonesia
Jumat, 11 Oktober 2024
0 dilihat
Mochi, dari Kue Tradisional Jepang hingga jadi Kuliner Hits
Nur, salah satu penjual kue mochi di Taman Boulevard, Kota Kendari. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Dari sekadar camilan tradisional dalam perayaan tertentu, mochi kini menjelma menjadi kuliner hits yang digemari oleh berbagai kalangan "

KENDARI, TELISIK.ID - Mochi, kue ketan kenyal khas Jepang, telah mengalami transformasi luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Dari sekadar camilan tradisional dalam perayaan tertentu, mochi kini menjelma menjadi kuliner hits yang digemari oleh berbagai kalangan.

Di negara lain bahkan di Indonesia, tidak ketinggalan dengan tren makanan yang satu ini, begitu pula di Kota Kendari. Makanan yang berbahan dasar tepung ketan tersebut banyak digemari berbagai kalangan terutama anak muda.

Seperti yang diungkapkan Nur, salah satu penjual kue mochi di Taman Boulevard, Kendari. Ia mengaku sejak tujuh bulan lalu sudah mulai menjual kue mochi di tempat tersebut, namun sampai hari ini peminat kue mochi masih tetap banyak.

Nur menjual kue mochi dengan berbagai varian rasa, mulai dari rasa buah-buahan hingga rasa coklat dan vanila. Namun dari semua rasa yang ada, rasa coklat adalah yang paling best seller.

Tina, salah seorang pembeli kue mochi mengaku, sejak kue tersebut mulai viral di Kota Kendari, ia merupakan salah satu orang yang penasaran dengan perpaduan rasa kenyal, manis, dan gurih yang biasa di-review oleh orang yang telah mengkonsumsi kue tersebut.

Baca Juga: Modal Nekat Jualan Nasi Gopal Online, Wanita Asal Kendari Ini Punya Kedai Sendiri

"Memang kue ini awal-awal viral susah sekali kita mau ketemu penjualnya. Kalaupun sudah ketemu pasti selalu saja tidak kebagian atau sudah habis dibeli sama pembeli lain," ungkapnya dengan nada malu-malu.

Sementara itu Yuniar, pembeli lainnya mengungkapkan bahwa resep membuat mochi sebenernya cukup mudah. Dengan teknologi saat ini tidak ada lagi resep yang susah didapat. Namun, menurutnya kue mochi yang enak tergantung dari yang membuatnya.

Baca Juga: Perempuan di Kota Kendari Raup Jutaan Rupiah dari Jualan Bakso Bakar Jumbo

Bahan-bahan utama untuk membuat mochi adalah tepung ketan, air atau susu, gula, dan garam. Tepung ketan adalah bahan pokok yang memberikan tekstur kenyal dan lembut pada mochi.

Air atau susu digunakan untuk mencampur tepung ketan dan gula, serta memberikan rasa dan warna pada mochi. Gula menambah rasa manis pada mochi, sedangkan garam menyeimbangkan rasa dan mengawetkan mochi.

Selain bahan-bahan utama, Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai selera, seperti pewarna makanan, mentega, maizena, atau tepung sagu. Anda juga bisa memberi isian pada mochi, seperti kacang tanah, kacang hijau, cokelat, keju, es krim, atau buah-buahan. (A)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga