Logo Telisik.id

Momen Idul Adha, Penjualan Kambing Kurban Meningkat Pesat

145 dibaca Momen Idul Adha, Penjualan Kambing Kurban Meningkat Pesat

Kambing kurban. Foto: Ahmad Sadar/Telisik

" Kalau sekarang ini, banyak orang cari Kambing untuk kurban, dia harganya tidak sama dengan Sapi yang tembus Rp 7,5 Juta sampai Rp 10 Juta, kalau Kambing kan banyak yang cari, karena harganya paling Rp 800 Ribu sampai Rp 5 Juta saja."

KENDARI, TELISIK.ID - Perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah menjadi berkah bagi pedagang hewan kurban.

Hal itu seperti dialami, salah seorang pedagang Kambing kurban, di Kota Kendari, Sudiman. Ia mengaku penjualan Kambing untuk kurban, laris diburu pembeli.

“Kalau sekarang ini, banyak orang cari Kambing untuk kurban, dia harganya tidak sama dengan Sapi yang tembus Rp 7,5 Juta sampai Rp 10 Juta, kalau Kambing kan banyak yang cari, karena harganya paling Rp 800 Ribu sampai Rp 5 Juta saja,” ungkapnya, Sabtu, (1/8/2020).

Pria asli dari Kabupaten Kolaka ini mengakatan, sengaja mendatangkan Kambing ternaknya untuk dipasarkan di kota Kendari, karena mengingat banyaknya permintaan dari pembeli di momen Idul Adha.

Selain itu, Audiman juga mengatakan, tidak semua Kambing yang dibawanya di Kota Kendari milik pribadi.  

“Ini kambing kurban, sebagian punyanya orang di kampung yang dipercayakan sama saya, untuk dipasarkan di sini, jadi kalau laku per ekornya saya dapat Rp 100 Ribu," jelasnya.

Baca juga: Jelang Idul Adha, Harga Daging Sapi dan Ayam Naik, Pembeli Berkurang

Ia mengaku, sampai saat ini penjualan Kambing sudah lebih dari seratus ekor.

"Sampai sekarang masih banyak yang datang cari Kambing untuk kurban di sini," tambahnya.

Sudiman juga menjelaskan, untuk Kambing kurban yang paling banyak dicari seperti jenis Kambing Etawa atau minimal keturunan etawa yang sudah dikawinkan dengan Kambing lokal.

"Kalau untuk daerah Sulawesi jarang kita temui jenis Kambing Etawa, kecuali itu diberi langsung dari bantuan pemerintah," terangnya.

Ia juga menjelaskan, Kambing qurban yang tidak memenuhi syarat untuk dipasarkan salah satunya adalah kambing yang cacat fisik.

"Contohnya, Mata Kambing yang memutih hingga menutupi keseluruhan bola matanya serta tanduk yang sudah patah," pungkasnya.

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Kardin

Loading...

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video