Momen Kirab Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi dari Monas Diterbangkan ke IKN

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 10 Agustus 2024
0 dilihat
Momen Kirab Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi dari Monas Diterbangkan ke IKN
Iring-iringan Paskibraka membawa bendera duplikat untuk diterbangkan ke IKN. Foto: Repro cnnindonesia.com

" Prosesi kirab bendera merah putih dan teks proklamasi menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hari ini menjadi pusat perhatian warga "

JAKARTA, TELISIK.ID - Prosesi kirab bendera merah putih dan teks proklamasi menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hari ini menjadi pusat perhatian warga. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyerahkan duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi kepada tim purna Paskibraka 2023 dalam sebuah acara di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada Sabtu (10/8/2024).

Warga terlihat berjejer di sepanjang Jalan Thamrin, mengenakan baju merah putih dan membawa atribut bendera, melambai-lambaikan bendera mereka dalam rangka menyambut iring-iringan kirab. Antusiasme warga terlihat jelas ketika rombongan kirab melewati jalur-jalur utama seperti Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, hingga Bandara Halim Perdanakusuma, seperti dilansir dari Tempo.

Pada pukul 09.26 WIB, rombongan kirab tiba di Bandara Halim Perdanakusuma. Duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi kemudian akan diterbangkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Balikpapan, Kalimantan Timur, menggunakan pesawat TNI AU.

Prosesi pengiriman ini menjadi bagian penting dari rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia yang akan dilaksanakan di IKN. Setibanya di IKN, bendera merah putih dan teks proklamasi akan diterima oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden kemudian akan menyerahkannya kepada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang. Rangkaian prosesi kirab tahun ini lebih panjang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, mengingat pengiriman bendera dan teks proklamasi ke IKN merupakan bagian dari simbolisasi pemindahan pusat pemerintahan.

Baca Juga: Semarakkan HUT 79 RI, Dikbud Sulawesi Tenggara Bagikan 17 Ribu Bendera Merah Putih

Dari Bandara Halim Perdanakusuma, bendera dan teks proklamasi akan diterbangkan menuju Balikpapan, Kalimantan Timur. Dari Balikpapan, kedua benda tersebut akan dibawa menuju kawasan IKN di Penajam Paser Utara. Paskibraka tahun 2023 dipercaya untuk membawa bendera pusaka dan naskah proklamasi hingga tiba di IKN. Penyerahan bendera oleh Presiden Joko Widodo kepada Paskibraka menjadi salah satu momen penting yang akan dikenang dalam peringatan kemerdekaan tahun ini.

Sebelumnya diberitakan Telisik.id, pemerintah merencanakan perayaan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 akan diadakan di dua tempat, yaitu di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Jakarta. Namun, upacara pengibaran bendera merah putih hanya akan dilaksanakan di IKN.

Pelaksana Tugas Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Raja Juli Antoni menyatakan bahwa persiapan upacara kemerdekaan di IKN telah dibahas secara intensif bersama Kepala OIKN, Basuki Hadimuljono.

Upacara 17 Agustus di IKN akan menjadi peringatan HUT RI pertama yang digelar di ibu kota baru. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan memimpin langsung upacara ini, dengan didampingi oleh presiden terpilih hasil Pilpres 2024, Prabowo Subianto. Selain itu, pemerintah juga menyediakan fasilitas perkemahan mewah atau glamping bagi petugas upacara yang bertugas di IKN.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono yang juga menjabat sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta menyebutkan bahwa selain perkemahan glamping, pemerintah juga mempersiapkan rumah tinggal bagi aparatur sipil negara (ASN) dan beberapa hotel untuk mendukung kelancaran upacara di IKN.

Baca Juga: Begini Proses Kirab Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi Dibawa dari Monas ke Ruang Khusus Istana Negara di IKN

Namun, Heru belum merinci berapa banyak unit glamping yang akan disediakan untuk keperluan tersebut. Petugas lalu lintas yang bertugas mengatur kelancaran peringatan HUT RI di IKN juga mendapatkan pelatihan tambahan.

Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda Kalimantan Timur Ajun Komisaris Besar Roni Mustofa menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memastikan para petugas dapat menjalankan tugas mereka dengan lebih lancar dan efisien. Polda Kalimantan Timur bekerja sama dengan unit Sabhara dan Dinas Perhubungan untuk memastikan kesiapan para petugas di lapangan.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menambahkan bahwa persiapan penginapan dan transportasi bagi petugas upacara HUT RI di IKN harus disesuaikan dengan situasi khusus di lapangan. Nominal tarif sewa alat transportasi dan penginapan tidak dapat disamakan dengan situasi umum, mengingat kebutuhan yang berbeda di ibu kota baru. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga