Moment Presiden Jokowi Nge-Vlog di Atas Bendungan Ameroro Konawe Dipuji Netizen

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 15 Mei 2024
0 dilihat
Moment Presiden Jokowi Nge-Vlog di Atas Bendungan Ameroro Konawe Dipuji Netizen
Momen Presiden Jokowi membuat konten vlog bersama Menteri PUPR. Foto: Instagram @jokowi

" Momen saat Presiden Jokowi membuat video vlog di atas Bendungan Ameroro, Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024), menuai pujian dari warganet "

KONAWE, TELISIK.ID - Momen saat Presiden Jokowi membuat video vlog di atas Bendungan Ameroro, Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024), menuai pujian dari warganet.

Dalam unggahan di akun Instagram @jokowi, Presiden menuliskan, "Bendungan dengan kapasitas daya tampung 88 juta meter kubik ini bisa mengairi sawah dan beras kita," tulis Jokowi dalam postingannya.

Unggahan tersebut memicu berbagai macam tanggapan dari netizen hingga mencapai 400.604 likes dan 12.668 komentar. Bahkan akun centang biru, seperti Instagram @rizkyfbian, menuliskan, "Bapak, I love you," dalam komentarnya.

Netizen lainnya, @marsudi_handoyo, menulis, "Ngeri, 2 periode, 40 bendungan," sementara @silawyers berkomentar, "Tombol suka, Pak Jokowi," tulisnya.

Akun @bintangaurel turut meramaikan komentar dengan menuliskan, "Di KTP: Pekerjaan (Sebelum): Presiden, Pekerjaan (Sesudah): YouTuber," tulisnya dalam kolom komentar.

Baca Juga: Ini Sosok Pria yang Nekad Tembus Pengamanan Jokowi di Konawe

Sebelumnya, diberitakan Telisik.id, Presiden Jokowi menekankan pentingnya keberadaan bendungan dalam mencegah krisis air yang makin mengkhawatirkan di berbagai belahan dunia.

"Kita tahu beberapa negara sekarang ini mulai terjadi yang namanya krisis air, sulit sekali mendapatkan air. Karena ke depan air menjadi sesuatu yang sangat penting sekali untuk kehidupan kita. Oleh sebab itu, jangan membiarkan air untuk mengalir terus ke laut dan tidak kita manfaatkan," ucap Jokowi saat berada di Kabupaten Konawe,  Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024).

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa bendungan yang dibangun sejak tahun 2020 dan selesai pada akhir tahun 2023 tersebut menghabiskan anggaran hingga Rp 1,57 triliun. Presiden berharap Bendungan Ameroro dapat memberikan manfaat yang jauh lebih besar dibandingkan investasi yang telah dikeluarkan, salah satunya dalam mereduksi banjir di sekitar wilayah Konawe.

"Kapasitas tampungnya 88 juta meter kubik, ini bendungan sangat besar sekali dengan luas genangan 398 hektare. Dan juga dapat mengurangi banjir, mereduksi banjir yang sebelumnya ada di wilayah di sekitar Konawe," tutur Presiden.

Lebih lanjut, Presiden menyoroti dampak positif keberadaan Bendungan Ameroro terhadap sektor pariwisata, khususnya di Kabupaten Wakatobi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sambut Baik Dukungan 38 Negara pada Keanggotaan Indonesia di OECD

Presiden pun berharap jumlah wisatawan di Kabupaten Wakatobi akan makin meningkat. "Untuk kawasan strategis pariwisata di Wakatobi, yang telah dilakukan penataan, penataan alun-alun, kawasan Puncak Oyamba kemudian kawasan Sumbuda juga semuanya sudah disentuh diperbaiki. Ini juga nanti kita harapkan wisatawan pariwisata di Kabupaten Wakatobi akan makin baik dan makin meningkat," ungkap Jokowi.

Jokowi menambahkan bahwa bendungan ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar. Bendungan tersebut juga akan memperkuat ketahanan pangan dan air di wilayah tersebut. Dengan kapasitas besar yang dimilikinya, Bendungan Ameroro diharapkan dapat mengairi ribuan hektare lahan pertanian di Konawe dan sekitarnya.

Selain itu, Jokowi menekankan pentingnya pemeliharaan infrastruktur yang telah dibangun agar dapat terus memberikan manfaat jangka panjang. Menurut presiden, keberadaan bendungan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memastikan ketersediaan air bersih dan irigasi yang cukup bagi masyarakat dan sektor pertanian. (B)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga