Monyet Buton Hasil Translokasi dari Papua, BKSDA Sultra Lepasliarkan di Habitatnya

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 29 April 2022
0 dilihat
Monyet Buton Hasil Translokasi dari Papua, BKSDA Sultra Lepasliarkan di Habitatnya
Translokasi moyet Buton dari Papua. Foto: Ist

" Seekor monyet Buton ditranslokasi dari pelabuhan Samabusa Nabire Papua menuju Sultra "

KENDARI, TELISIK.ID - BKSDA Sultra melakukan koordinasi dengan Kepala KPLP Baubau dan Kepala Satker Karantina Pertanian untuk translokasi monyet Buton (Macaca ochreata brunnescens).

Moyet Buton tersebut ditranslokasi dari pelabuhan Samabusa Nabire Papua menuju Sultra. Kepala Balai KSDA Sultra melalui Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Prihanto mengatakan, monyet yang merupakan endemik Sultra ini diantarkan kembali pulang ke habitatnya ke Pulau Buton didampingi petugas dari Balai Besar KSDA Papua.

"Diantar kembali di habitatnya di Pulau Buton," katanya.

Sebelumnya, Balai Besar KSDA Papua mendapatkan laporan dari masyarakat adanya monyet Buton (Macaca ochreata brunescens) yang berkeliaran di kampung Nifasi Distrik Makimi Kabupaten Nabire yang berbatasan langsung dengan Cagar Alam Tanjung Wiay.

Pengiriman satwa tersebut melalui kapal Pelni Gunung Dempo dan setibanya di Pelabuhan Murhum Baubau, langsung diserahterimakan ke Petugas BKSDA Sultra disaksikan Kanit Intel dan  Anggota Polsek KP3 Baubau serta Karantina Pertanian.

Baca Juga: Lelang Pra Dipa Dilakukan Tahun 2021, Proyek Dana Pinjaman Berpengaruh di HPS

Baca Juga: Dari Puluhan Pejabat Dinonjob Bupati Manggarai, 4 Orang Dilantik Kembali, Siapa Mereka?

Kemudian petugas BKSDA Sultra mengamankan satwa monyet Buton tersebut ke Kantor Seksi KSDA dan melakukan pengecekan kondisi satwa dan perawatan sementara.

"Selanjutnya petugas BKSDA Sultra dipimpin Kepala Resort KSDA Baubau Alisman, melepasliarkan monyet Buton (Macaca ochreata brunescens) tersebut di habitatnya di Kawasan Suaka Margasatwa Lambusango Kabupaten Buton," pungkasnya (C-Adv).

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga