Motor Ini Diklaim Terbaik di Kelas Sport 250 CC

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 13 September 2023
0 dilihat
Motor Ini Diklaim Terbaik di Kelas Sport 250 CC
Tampak samping (kiri), dan tampak depan Honda CBR250RR (kanan). Foto: Kolase

" Industri otomotif tanah air diramaikan oleh hadirnya motor sport 250 cc terbaru dari Honda, yaitu CBR250RR. Motor ini telah mencuri perhatian pecinta motor dengan desain yang memukau dan performa yang sangat mengesankan, terutama pecinta roda dua di Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Industri otomotif tanah air diramaikan oleh hadirnya motor sport 250 cc terbaru dari Honda, yaitu CBR250RR. Motor ini telah mencuri perhatian pecinta motor dengan desain yang memukau dan performa yang sangat mengesankan, terutama pecinta roda dua di Kota Kendari.

Honda CBR250RR dibekali dengan mesin berkapasitas 249.7 cc yang merupakan 4-Stroke, 8-Valve, Parallel Twin Cylinder. Mesin ini dilengkapi dengan sistem suplai bahan bakar PGM-FI dan memiliki diameter x langkah sebesar 62,0 x 41,4 mm. Transmisinya manual dengan 6 percepatan.

"Mesin Honda CBR250RR, kompresinya tinggi, motor sport 250 cc yang sangat powerful," ucap mekanik dealer Honda di Kota Kendari, Irman, Rabu (13/9/2023).

Dilihat dari situs Astra Honda Motor (AHM), Tipe rangka dari Honda CBR250RR adalah Diamond (Truss) frame, yang memberikan kestabilan ekstra saat berkendara. Suspensi depannya menggunakan Inverted Telescopic Front Suspension, sedangkan suspensi belakangnya adalah Aluminum Swing Arm dengan sistem Mono Suspension yang dapat diatur dalam 5 tingkatan, serta dilengkapi dengan Pro-Link System.

Baca Juga: Shockbreaker depan Motor Ini Tinggi, Punya Gaya Adventure

Dengan ukuran ban depan 110/70-17 54S (Tubeless) dan ban belakang 140/70-17 66S (Tubeless), motor ini menawarkan manuver yang lincah di berbagai medan. Remnya pun tak kalah impresif, dengan rem depan Hydraulic Disc ganda dan rem belakang Hydraulic Disc tunggal.

Honda CBR250RR memiliki dimensi yang mengagumkan. Dengan panjang 2.061 mm, lebar 724 mm, dan tinggi 1.114 mm, motor ini hadir dengan tampilan yang agresif dan futuristik. Ketinggian tempat duduknya adalah 790 mm, menjadikannya nyaman untuk pengendara dengan berbagai postur tubuh.

Jarak sumbu roda sepanjang 1.385 mm memberikan stabilitas yang baik saat melaju di jalan. Tinggi terendah ke tanah sebesar 148 mm juga membuatnya mudah dikendalikan. Meski memiliki dimensi yang besar, bobot motor ini tetap terjaga dengan baik, yaitu 166 kg (STD) atau 168 kg (SP | SP QS).

Honda CBR250RR memiliki tangki bahan bakar berkapasitas 14,5 liter. Dengan kapasitas sebesar ini, pengendara dapat melakukan perjalanan jarak jauh tanpa perlu sering-sering mengisi bahan bakar. Selain itu, kapasitas minyak pelumasnya mencapai 1,9 liter, memastikan mesin tetap terjaga dalam kondisi optimal.

Baca Juga: Motor Matic Yamaha Ini Mirip Vespa

Motor ini dilengkapi dengan tipe baterai atau aki MF-Wet 12V-7 Ah yang handal. Sistem pengapiannya adalah Full Transisterized, sementara tipe businya adalah NGK SILMAR8C-9 (Iridium Spark Plug) yang menjamin pembakaran yang efisien.

Melansir Kompas.com, Menurut Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta, Danang Priyo Kumoro, meskipun memiliki rasio kompresi tinggi, Honda CBR250RR dapat menggunakan berbagai jenis bahan bakar.

"New Honda CBR250RR cocok menggunakan BBM dengan nilai RON minimal 90 atau bisa juga menggunakan BBM dengan nilai RON di atasnya," ujarnya. Dengan begitu, pengendara memiliki fleksibilitas dalam memilih bahan bakar yang sesuai dengan budget mereka.

Pengguna Honda CBR250RR, Jodi Hernanda, berbagi pengalaman. "Motor ini kencang, tapi jangan ditanya soal bensin," ujarnya. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga