MTQ XXIX Sulawesi Tenggara Masuk Babak Final

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 14 Agustus 2022
0 dilihat
MTQ XXIX Sulawesi Tenggara Masuk Babak Final
Salah satu kegiatan lomba cabang hafalan Al-Quran golongan 5 juz dan Tilawah 20 juz. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Sejak dibuka Rabu malam (10/8/2022), kegiatan MTQ XXIX Provinsi Sulawesi Tenggara ke-29, hingga Minggu (14/8/2022) sudah dilakukan perlombaan sebanyak 8 cabang dan 16 golongan "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejak dibuka Rabu malam (10/8/2022), kegiatan MTQ XXIX Provinsi Sulawesi Tenggara ke-29, hingga Minggu (14/8/2022) sudah dilakukan perlombaan sebanyak 8 cabang dan 16 golongan.

Sejumlah perlombaan terdiri dari seni baca Al-Quran golongan anak-anak, remaja, dewasa dan tuna netra, Tartil Al-Quran, Qira’at Murattal golongan remaja dan dewasa, Qira’at Mujawwad golongan dewasa.

Hafalan Al-Quran 1 Juzz dan Tilawah

Hafalan Al-Quran 5 Juz dan Tilawah

Hafalan Al-Quran 10 Juz , 20 Juz dan 30 Juz. Fahm Al-Quran golongan putra dan putri.

Kemudian Tafsir Al-Quran Bahasa Indonesia, Bahasa dan Bahasa Inggris Syarh Al-Quran golongan putra dan putri. Seni Kaligrafi Al-Quran golongan Naskah, Hiasan Mushaf, dekorasi dan kontemporer, arya tulis ilmiah Al-Quran. Perlombaan ini rata-rata dibagi menjadi kategori anak-anak, putra-putri, remaja dan dewasa.

Kegiatan lomba cabang baca Al-Quran golongan dewasa dan Qiraat mujawwad dewasa. Foto: Nur Khumairah/Telisik

 

Selain itu, kegiatan ini dikuti oleh 17 kabupaten/kota. Hal ini diungkapkan oleh seorang anitia kegiatan cabang hafalan Al-Quran golongan 5 juz yang mengatakan, jika perlombaan tersebut diikuti oleh seluruh wilayah Sulawesi Tenggara.

"Kalau pesertanya ini, masing-masing terdiri dari 17 kabupaten/kota yang ada di Sultra sendiri, jadi semuanya mewakili," tuturnya, Minggu (14/8/2022).

Dari sejumlah lomba tersebut, akan terbagi menjadi 3 kategori penjuaraan, yaitu juara 1, 2 dan 3. Setelah terpilih juara umum dari masing-masing cabang dan golongan yang dilombakan.

Baca Juga: Laris Manis, Bazar Kuliner Kemerdekaan Pemerintah Kota Kendari

Para peserta selanjutnya akan dibina guna mendapatkan bimbingan lebih lanjut dan akan mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara di Banjarmasin guna mengikuti lomba tingkat nasional.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Dewan Hakim, K.H Mursyidin yang mengatakan, jika nantinya para peserta yang terpilih akan mewakili Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Ribuan Warga Kota Kendari Ramaikan Jalan Sehat Kemerdekaan

"Kita akan melihat kabupaten mana yang masuk final. Harapan kami, mudah-mudahan pemerintah nanti berikan pembinaan sebelum mewakili Sultra, seperti perlengkapan, bahan dan persiapan," tutur Mursyidin yang juga sekaligus Ketua MUI Sulawesi Tenggara.

Kegiatan ini juga sangat antusias diikuti oleh masing-masing perwakilan kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tenggara. (B-Adv)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor:  Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga