Muhammadiyah Kota Medan Pastikan Salat Idul Fitri 1444 Hijriah 21 April

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Kamis, 20 April 2023
0 dilihat
Muhammadiyah Kota Medan Pastikan Salat Idul Fitri 1444 Hijriah 21 April
Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan. Foto: Ist.

" Muhammadiyah Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara dipastikan akan menggelar hari raya Idul Fitri 1444 Hijiriah pada hari Jumat, 21 April 2023 "

MEDAN, TELISIK.ID - Muhammadiyah Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara dipastikan akan menggelar hari raya Idul Fitri 1444 Hijiriah pada hari Jumat, 21 April 2023.

Mereka akan melaksanakan itu sesuai dengan peraturan atau keputusan yang dikeluarkan oleh pimpinan pusat (PP) Muhammadiyah tentang dimulainya 1 Syawal 1444 Hijiriah.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan, Burhanuddin membenarkan itu ketika dikonfirmasi melalui selulernya, Kamis (20/4/2023) siang.

"Sesuai dengan keputusan pimpinan pusat Muhammadiyah. Maka hari raya Idul Fitri 1444 Hijiriah akan dilakukan besok (Jumat). Sedangkan untuk umum itu kemungkinan hari Sabtu (lusa). Perbedaan itu merupakan hal yang biasa. Kita harus saling menghargai dengan adanya perbedaan hari raya tahun 2023 ini," ungkapnya.

Selain itu, Muhammadiyah Kota Medan juga akan menggelar salat Idul Fitri di 52 titik yang terdiri dari lapangan terbuka dan masjid Muhammadiyah yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1444 Hijriah Bakal Digelar Sore Ini

"Pastinya, besok akan dilakukan salat Ied berjamaah. Ada sekira 52 titik yang sudah ditentukan. Seluruh jemaah diharapkan untuk selalu mematuhi aturan yang telah diterapkan," tuturnya.

Dikatakannya, bahwa untuk melaksanakan salat Ied di sejumlah lapangan terbuka nanti, pihak Pemerintah Kota Medan tidak melarang, selama itu digunakan untuk ibadah.

"Tidak ada masalah untuk salat Ied di lapangan, pemerintah tidak melarang. Mereka juga mendukung berjalannya kegiatan dengan aman. Sejumlah anggota Polri akan turun memberikan pengamanan dan menjamin keamanan," tuturnya.

Terpisah, Tanwir Siagian Ketua Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan memastikan akan ada 3.000 jemaah yang akan melaksanakan salat Idul Fitri besok di sejumlah tempat yang telah disediakan.

"Untuk tahun 2023 ini ada perbedaan hari raya Idul Fitri. Untuk Muhammadiyah besok akan menggelar salat Idul Fitri. Sedangkan untuk umum itu lusa atau Sabtu. Jadi, kemungkinan jumlah jemaah yang akan melaksanakan salat Ied akan bertambah dari jumlah yang sudah diperkirakan. Bisa lebih dari 3.000 jemaah yang akan melaksanakan salat," ungkapnya.

Selain itu, Muhammadiyah Kota Medan juga akan menggelar takbiran di sejumlah masjid yang telah disediakan usai salat Magrib.

"Hari ini, usai salat Magrib. Kami juga akan menggelar takbiran mengumandangkan takbir di masjid-masjid yang telah ditentukan. Kami juga tidak mau melaksanakan ibadah dengan berlebihan," tambahnya.

Mereka juga mengimbau kepada warga persyarikatan dan kaum muslimin dan muslimat agar mendatangi tempat salat Ied sesuai dengan waktu dan tempat yang sudah ditentukan sambil memperbanyak takbir, tahmid dan tahlil.

Baca Juga: Intip Jadwal Lebaran 2023 Versi Pemerintah, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama

"Menyikapi perbedaan Idul Fitri kali ini, kami imbau agar tetap saling menghormati dengan penuh toleransi islamiyah. Utamakan fasilitas organisasi demi menghindari kesalahpahaman. Bagi kita yang sudah hari raya ini tetap menghormati mereka yang masih berpuasa," tuturnya.

Tanwir menambahkan bahwa pimpinan Muhammadiyah Kota Medan dipastikan akan melaksanakan salat Ied di masjid di kawasan Marelan dan dikawal oleh pihak keamanan, di antaranya Polri dan TNI.

"Biasanya titik salat Ied ini dijaga oleh pihak keamanan. Agar salat berjalan dengan baik. Selain itu, seluruh pengurus Muhammadiyah mengimbau agar usai melaksanakan salat Idul Fitri, seluruh jemaah diberikan waktu untuk saling bermaaf-maafan. Selesai itu, diimbau untuk pulang ke rumah masing-masing. Jangan melaksanakan hari raya dengan berlebihan," terangnya. (A)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga