Muna Barat Mulai Rasakan Dampak Elnino, Tujuh Hektare Sawah Alami Kekeringan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 10 Oktober 2023
0 dilihat
Muna Barat Mulai Rasakan Dampak Elnino, Tujuh Hektare Sawah Alami Kekeringan
Dampak Elnino di Muna Barat akibatkan tujuh hektare sawah di Kecamatan Maginti alami kekeringan. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Dampak Elnino, beberapa sawah di Kabupaten Muna Barat mengalami kekeringan, pemda setempat pun mengambil langkah atasi kekeringan "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Dampak Elnino, beberapa sawah di Kabupaten Muna Barat mengalami kekeringan, pemda setempat pun mengambil langkah atasi kekeringan.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, tujuh hektare sawah yang ada di Kecamatan Maginti mengalami kekeringan, itu diakibatkan oleh puncak Elnino sehingga padi mengalami fuso.

Bahri katakan, tujuh hektare sawah yang mengalami kekeringan meliputi lima hektare berada di Desa Lakabu, dan dua hektare lainnya berada di Desa Abadi Jaya.

"Dikarenakan debit air bendungan yang mengairi sawah menurun," ungkap Bahri,  Selasa (10/10/2023).

Baca Juga: Muna Barat Raih Juara 1 Kabupaten Terbaik Pemberian Makanan Tambahan

Selain debit air bendungan menurun, ada saluran bendungan yang mengalami kebocoran, misalnya bendungan katangana yang mengairi ruas persawahan satu jalur ke Desa Abadi Jaya melewati Desa Parura. Bahri katakan, akibat bocornya saluran bendungan katangana itu, air yang menuju Desa Abadi Jaya tidak sampai.

Untuk mengatasi kekeringan sawah tersebut, pemda akan mengajak petani di daerah persawahan yang mengalami kekeringan diskusi bersama terkait pembagian air, tujuannya air dari satu bendungan dapat mengalir semua sawah petani.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Studi Banding Pengelolaan Desa Wisata di Panglipuran Bali

Selanjutnya, pemda akan memberikan bantuan, sehingga ia meminta ke Pemerintah Desa Lakabu dan Desa Abadi Jaya untuk menyampaikan surat ke pemda terkait pengadaan mesin sumur bor dan mesin genset guna mengatasi kekeringan untuk sementara waktu, pemda juga akan memperbaiki saluran bendungan yang mengalami kebocoran.

Sebelumnya saat ditemui Telisik.id, Kepala BPBD Muna Barat, Karimin mengatakan, pihaknya dalam mengatasi bencana alam terlebih saat ini masuk puncak musim kemarau, pihaknya akan memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat yang terdampak kekeringan.

"Kami akan memberikan bantuan air bersih bagi masyarakat yang terdampak Elnino," ungkapnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga