Muna Darurat Bencana Kekeringan, Pemda Bentuk Tim

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 26 Oktober 2023
0 dilihat
Muna Darurat Bencana Kekeringan, Pemda Bentuk Tim
Tim Pemda Muna menggelar rapat membahas penanganan kekeringan akibat musim kemarau panjang. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, sangat terdampak fenomena el nino. Sejumlah wilayah mengalami kekurangan air bersih "

MUNA, TELISIK.ID - Kemarau panjang yang melanda seluruh wilayah Indonesia, membuat sebagai daerah ditetapkan sebagai darurat bencana kekeringan. Kabupaten Muna salah satunya yang sangat terdampak akibat fenomena el nino. Sejumlah wilayah mengalami kekurangan air bersih.

Pemerintah Kabupaten Muna pun tidak tinggal diam melihat kondisi itu. Langkah-langkah antisipasi mulai dilakukan. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muna, Samauk Baid mengaku, saat ini mulai membentuk tim untuk mendistribusikan air pada masyarakat yang terdampak kemarau panjang.

"Ada beberapa wilayah yang sudah merasakan dampak kekeringan. Kami dari Pemda akan bergerak cepat melakukan upaya pendistribusian air bersih," kata Samaul, Kamis (26/10/2023).

Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) itu mengimbau agar masyarakat agar lebih hemat menggunakan air bersih. Kemudian, hati-hati dalam melakukan pembakaran lahan.

"Kita belum tahu sampai kapan fenomena el nino ini berakhir, jadi harus terus waspada," timpalnya.

Baca Juga: Ribuan Hektare Sawah di Sulawesi Tenggara Kekeringan, Pj Gubernur Minta OPD Bergerak

Kekeringan air bersih juga ikut dirasakan para petani jagung. Ada tiga wilayah yakni Kecamatan Kabawo, Watoputeh dan Napabalano, petani mengalami gagal panen akibat sumber air mengalami kekeringan.

"Data yang masuk ke kami ada 23 hektare lahan jagung yang gagal panen," kata Kabid Prasaran Sarana Pertanian (PSP), Ogo Aftal.

Untuk kerugian yang dialami para petani, per hektarnya diestimasikan mencapai Rp 7 juta. Itupun, setelah dikurangi biaya panen.

Baca Juga: 508 Hektare Sawah di Kolaka Timur Terdampak Kekeringan

"Untuk lahan padi, kami belum mendapat berapa jumlah pastinya yang mengalami gagal panen," ujarnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Muna, Muhamad Haidar menerangkan, persoalan kekeringan ini menjadi perhatian serius dari Pemda. Sesuai instruksi Bupati, LM Rusman Emba dan Wakil Bupati, Bachrun Labuta, agar instansi-instansi terkait dapat segera action di lapangan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

"Masing-masing instansi telah dibagi tugasnya, sehingga bisa cepat melakukan penanganan," tukasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga