Logo Telisik.id

Muna Punya Mobil Pengujian Keliling

210 dibaca Muna Punya Mobil Pengujian Keliling

KTU UPT Pengujian Dishub Muna, Dedi Putra memperlihatkan mobil penguji keliling. Foto : Naryo/Telisik

" Uji kir saat ini harus dengan alat. Tanpa itu tidak bisa."

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna terus melengkapi sarana dan prasarana penunjang trasportasi darat dalam rangka peningkatan Penghasilan Asli Daerah (PAD). Salah satunya adalah mengadakan kendaraan pengujian kendaraan keliling. Di Sultra, baru tiga daerah yang memiliki kendaraan yang dilengkapi fasilitas pengujian kendaraan berupa, alat uji rem, lampu, timbangan dan emisi gas buang. Adalah Konawe Selatan (Konsel), Kota Kendari dan Muna.

Dedi Putra, KTU UPTD Pengujian Dishub Muna menerangkan, mobil penguji itu diadakan dalam rangka mempermudah pelayanan bagi kendaraan angkutan umum dan barang. Dimana, kendaraan itu akan keliling.

"Kita lakukan sistim jemput bola disetiap perbatasan wilayah Muna," kata Dedi.

Kendaraan angkutan dan barang yang di kir bukan saja dari Muna. Namun, bisa juga dari wilayah Muna Barat (Mubar), Buton Tengah (Buteng) dan Buton Utara (Butur).

"Uji kir saat ini harus dengan alat. Tanpa itu tidak bisa," ungkapnya.

Dengan adanya kendaraan itu, Ia memastikan PAD yang bersumber dari kir kendaraan angkutan umun dan barang bisa meningkat. Saat ini, target PAD sekitar Rp 200 juta dan baru terealisasi sekitar 70 persen.

"Kedepan kita akan lebih optimalkan lagi," ujarnya.

Untuk biaya uji kir kendaraan bervariasi. Roda empat untuk kir baru sebesar Rp 130 ribu, perpanjangan Rp 60 ribu. Roda enam, baru Rp 165 ribu dan perpanjangan Rp 80 ribu.

Kendaraan tersebut menghabiskan dana sebesar Rp 1,5 miliar. Dananya bersumber dari APBD 2019.

Reporter : Naryo
Editor: Ibnu

Post Tags: PEMKAB MUNA

Copyright © 2019 Telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video