Naik, Harga Beras di Buton Capai Rp 800 Ribu Per Karung

Febriyani, telisik indonesia
Kamis, 29 Februari 2024
0 dilihat
Naik, Harga Beras di Buton Capai Rp 800 Ribu Per Karung
Di pasar tradisional Buton, harga beras premium hampir mencapai Rp 800 ribu. Foto: Febriyani/Telisik

" Belakangan ini masyarakat Kabupaten Buton diresahkan dengan melonjaknya harga beras yang hampir mencapai Rp 800 ribu perkarungnya untuk kemasan yang 50 kg "

BUTON, TELISIK.ID - Belakangan ini masyarakat Kabupaten Buton diresahkan dengan melonjaknya harga beras yang hampir mencapai Rp 800 ribu perkarungnya untuk kemasan yang 50 kg.

Seorang ibu rumah tangga, Arsi mengaku resah dengan melonjaknya harga beras ini. Katanya, pendapatan keluarganya habis hanya untuk beli beras sekarung untuk kemasan 50 kg.

"Kasian kita ini cuma ibu rumah tangga, suami juga nelayan, beras sekarung 800 ribu ini tentu keberatan bagi kami. Biasanya kami 50 kg ini tidak cukup satu bulan. Semoga pendapatan juga meningkat supaya masih bisa makan nasi," katanya penuh pilu, Kamis (29/2/2024).

Baca Juga: Polres Buton Kedatangan Lima Anggota Baru

Salah satu pedagang di salah satu pasar tradisional Buton, Pasar Sabho, Niar mengatakan, menjelang Ramadhan dan Lebaran ini bukan saja beras yang melonjak naik, beberapa sembako pun ikut naik, seperti gula pasir, gula merah, dan minyak goreng.

Ia mengatakan, saat ini ia menjual beras premium yang 50 kg Rp 790 ribu,  yang sebelumnya hanya seharga Rp 700 ribu. Sedangkan yang 25 kg sudah mencapai Rp 390 ribu, yang sebelumnya hanya Rp 340 ribu. Begitu juga untuk yang perkilogramnya sekarang sudah Rp 12 ribu, yang sebelumnya hanya Rp 10 ribu.

Baca Juga: Tekan Stunting, Pj Bupati Buton Luncurkan Susu Gratis Bagi Ibu Hamil

"Sekarang beras premium yang 50 kg kita jual Rp 790 ribu, karena kita ambil juga dengan harga Rp 760 ribu. Jdi kita naikan juga harganya," jelas niar saat ditemui di tokohnya, Kamis (29/2/2024).

Ia mengaku para pembeli mengeluh dengan melonjaknya harga beras ini, terlebih menjeleng Ramadhan dan Lebaran beberapa sembako ikut naik harga, seperti minyak goreng yang kini dijual Rp 18 ribu, sebelumnya Rp 16 ribu, gula merah juga melonjak dari harga Rp 20 rb, kini menjadi Rp 40 ribu.

"Sekarang gula merah juga melonjak naik, semenjak naik menjadi Rp 40 ribu sampai saat ini gula merah belum ada yang datang beli, saya ambil sudah satu Minggu belum laku juga," tandasnya. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga