Nama dan Foto Lukman Abunawas Digunakan Oknum Penipu, Modus Bantuan Masjid

Erni Yanti, telisik indonesia
Senin, 29 April 2024
0 dilihat
Nama dan Foto Lukman Abunawas Digunakan Oknum Penipu, Modus Bantuan Masjid
Penipuan dengan memanfaatkan pesan akun media sosial mengatasnakaman Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulawesi Tenggara yang juga Ketua DPD PDIP Sultra H, Lukman Abunawas. Foto: Kolase

" Beberapa hari terakhir beredar pesan penipuan dengan modus bantuan sosial dan keagamaan melalui media sosial, mengatasnamakan H Lukman Abunawas "

KENDARI, TELISIK.ID - Beberapa hari terakhir beredar pesan penipuan dengan modus bantuan sosial dan keagamaan. Penipuan melalui akun media sosial itu mengatasnamakan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulawesi Tenggara yang juga Ketua DPD PDIP Sulawesi Tenggara, H Lukman Abunawas.

Dalam melakukan aksinya, oknum penipu menggunakan akun media sosial Facebook dengan memakai nama dan foto Lukman Abunawas.

Oknum penipu mencoba mencari mangsanya melalui pesan messenger dengan melakukan percakapan terkait bantuan pembangunan masjid.

Setelah pelaku meminta nama dan nomor rekening masjid yang akan dibantu, pelaku kemudian mengirimkan bukti transfer bantuan kepada pengurus masjid.

Selang beberapa menit kemudian, pelaku menghubungi kembali pengurus masjid tersebut dan meminta mengirim kembali uang yang sudah ditransfer itu ke nomor rekening pelaku dengan alibi bahwa bantuan itu salah kirim.

Baca Juga: Harta Kekayaan Lukman Abunawas Didominasi Puluhan Tanah dan Bangunan

Salah satu korbannya adalah ibu Thina, pengurus Masjid Qubah Desa Wawolesea, Kecamatan Wawolesea, Kabupaten Konawe Utara.

"Beruntung kami cek kembali isi saldo rekening, lalu kami konfirmasi ke pihak Pak Lukman Abunawas dan kami dijelaskan bahwa akun yang menghubungi kami di messenger itu bukan milik pribadi Lukman Abunawas," kata Thina.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Tim Hukum LA Center Sulawesi Tenggara, Khalid Usman menjelaskan, pihaknya akan melakukan upaya hukum untuk menindak sekaligus menelusuri akun media sosial yang sudah memanfaatkan nama Lukman Abunawas.

Ia juga mengimbau masyarakat agar jangan cepat merespons interaksi media sosial yang mengatasnamakan Lukman Abunawas, apalagi itu menyangkut transaksi keuangan.

"Akhir-akhir ini kami mendapat banyak pertanyaan dan keluhan terkait akun media sosial yang mengatasnamakan Lukman Abunawas. Jadi kami mengimbau kepada masyarakat supaya berhati-hati apalagi kalau itu menyangkut transaksi keuangan dengan modus bantuan sosial dan keagamaan," terangnya.

Baca Juga: Lukman Abunawas Serahkan Berkas Balon Gubernur ke PDIP

Sekedar diketahui, Lukman Abunawas memang kerap menyumbangkan bantuan berupa dana maupun barang ke beberapa masjid maupun pesantren di wilayah Sulawesi Tenggara.

Ia juga sering melakukan bakti sosial di beberapa daerah sebagai wujud keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta wujud kepedulian sosial.

Hal itu bisa jadi dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk mengambil keuntungan, sehingga masyarakat diminta waspada. (B-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga