Napi Kabur dari Rutan Kelas IIA Kendari Berhasil Diringkus

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 02 Februari 2024
0 dilihat
Napi Kabur dari Rutan Kelas IIA Kendari Berhasil Diringkus
Narapidana yang melarikan diri dari Rutan Kelas IIA Kendari berhasil ditangkap oleh tim gabungan. Foto: Ist.

" Tim pencari narapidana Rutan Kelas IIA Kendari bersama Tim Buru Sergap 77 Polresta Kendari berhasil menangkap kembali napi yang melarikan diri sejak tanggal 29 Januari 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID – Tim pencari Narapidana Rutan Kelas IIA Kendari bersama Tim Buru Sergap (Buser) 77 Polresta Kendari berhasil menangkap kembali seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) kasus pencurian yang melarikan diri sejak tanggal 29 Januari 2024.

Diketahui, narapidana tersebut bernama Hasman Maulana. Ia berhasil ditangkap oleh tim gabungan pada Kamis (1/2/2024), atau tiga hari setelah melarikan diri dari Rutan Kelas IIA Kendari, di sekitar Kampus Universitas Haluoleo Kendari.

Kepala Rutan Kelas IIA Kendari, Herianto, menyatakan bahwa keberhasilan penangkapan Hasman berkat sinergi yang dibangun antara Rutan Kelas IIA Kendari, Kepolisian Resort Kota Kendari melalui Tim Buser77, dan partisipasi aktif masyarakat.

"Ucapan terima kasih kepada masyarakat dan Buser77 Polres Kendari yang telah membantu dalam upaya pencarian. Keberhasilan ini merupakan hasil sinergi antara petugas keamanan dan partisipasi aktif dari masyarakat,” ujar Herianto kepada media, Kamis (1/2/2024) malam.

Herianto juga menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat atas kejadian kaburnya warga binaan pemasyarakatan tersebut.

Baca Juga: Tahanan Rutan Kendari Kabur Saat Bersihkan Tower Penjagaan

“Insiden ini terjadi murni karena kelalaian petugas kami,” jelasnya.

Mantan Kepala Rutan Kelas IIB Unaaha ini menegaskan bahwa pihak Rutan Kelas IIA Kendari akan melakukan evaluasi internal untuk mencegah terulangnya kejadian serupa di masa mendatang.

"Ini menjadi komitmen kami untuk terus meningkatkan sistem keamanan dan pengawasan guna memberikan rasa aman kepada masyarakat sekitar dan memastikan bahwa kejadian serupa tidak terulang kembali,” tegas Herianto.

Baca Juga: Akhir Pelarian Napi Kabur dari Rutan Unaaha, Tertangkap Usai Mencuri

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Saba membenarkan adanya narapidana yang melarikan diri dari Rutan Kelas IIA Kendari.

Silvester menjelaskan, tahanan tersebut kabur saat membersihkan tower penjagaan sekitar pukul 06.30 Wita, Karena petugas yang mendampingi narapidana ini meninggalkannya dan masuk ke dalam ruangan kantor kerja.

"Saat balik, dia tidak lihat lagi, ternyata sudah lari,” jelasnya. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga