NasDem dan Demokrat Kolaka Utara Tunggu Juklak DPP Tuk Balon Bupati Pilkada 2024

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 15 Maret 2024
0 dilihat
NasDem dan Demokrat Kolaka Utara Tunggu Juklak DPP Tuk Balon Bupati Pilkada 2024
Kompleks perkantoran Kabupaten Kolaka Utara. Foto: Ist.

" Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 telah usia, bahkan prediksi perolehan kursi DPRD setiap partai politik (Parpol) di Kabupaten Kolaka Utara pun telah tergambar pasca KPU Kabupaten Kolaka Utara melalui rapat pleno menetapkan perolehan suara Parpol dan Caleg dalam Pemilu 2024, Minggu (3/3/2024) lalu "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 telah usia, bahkan prediksi perolehan kursi DPRD setiap partai politik (Parpol) di Kabupaten Kolaka Utara pun telah tergambar pasca KPU Kabupaten Kolaka Utara melalui rapat pleno menetapkan perolehan suara Parpol dan Caleg dalam Pemilu 2024, Minggu (3/3/2024) lalu.

Saat ini Parpol yang memiliki kursi signifikan di DPRD, mempersiapkan diri untuk melakukan penjaringan bakal calon (Balon) Bupati Kolaka Utara yang akan diusung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 November 2024 mendatang.

Seperti halnya DPD NasDem dan DPC Demokrat saat ini juga masih menunggu petunjuk pelaksanaan (Juklak) dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) terkait mekanisme penetapan Balon kepala daerah yang akan mereka usung pada Pilkada 2024 nanti.

Baca Juga: 2 Penyebab Partai Demokrat Terdepak dari Kursi Pimpinan DPRD Kolaka Utara Periode 2024-2029

Sekertaris DPC Partai Demokrat Kolaka Utara, Buhari mengatakan, juklak DPP akan menjadi pedoman dalam melakukan penjaringan Balon Bupati Kolaka Utara 2024 dari partai Demokrat.

"Kami di Demokrat belum ada juklak dari DPP. Setelah ada petunjuk DPP, maka itu yang kami pedomani dalam penjaringan," terangnya melalui WhatsApp, Jumat (15/3/2024).

Tidak hanya itu, Buhari yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Kolaka Utara menyatakan, partainya masih butuh koalisi untuk mengusung Balon Bupati Kolaka Utara.

Selain dalih perolehan kursi Partai Demokrat pada Pemilu 2024 yang minim (3 kursi), menurutnya, kerjasama dengan partai lain amat penting untuk membangun Kolaka Utara kedepan.

"Memang kita sangat butuh koalisi dan akan melakukan komunikasi dengan partai-partai lain. Saya pikir membangun Kolaka Utara kedepan tidak bisa hanya kekuatan Demokrat, tapi kita butuh teman untuk koalisi," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPD partai NasDem Kolaka Utara, Zakaria Bakrie menuturkan, jika pihaknya masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari DPP sebagai acuan dalam melakukan penjaringan Balon Bupati pada Pilkada di Kolaka Utara.

Meski demikian, ia memastikan partai NasDem sebagai partai terbuka tetap melakukan penjaringan atau membuka pendaftaran bagi para Balon kepala daerah.

Baca Juga: NasDem Bakal Lakukan Penjaringan Kandidat Calon Bupati Kolaka Utara 2024

"DPD tetap melakukan penjaringan atau membuka pendaftaran tanpa mahar, nanti DPD mengusung dua atau tiga nama hasil penjaringan ke DPW untuk selanjutnya dievaluasi dan memfinalisasi bakal calon yang tepat bersama DPP," imbuhnya.

Tidak hanya itu, sebagai partai dengan perolehan kursi terbanyak (6 kursi) NasDem Kolaka Utara tidak menutup ruang koalisi bersama partai lain.

"Terkait koalisi dengan partai lain, sifatnya masih dinamis tergantung pergerakan dan konstalasi politik jelan Pilkada," pungkasnya. (B)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga