NasDem Sebut Dukungan ke Anies di Pilpres 2024 Berdampak Elektabilitas Partai Turun

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 22 Desember 2022
0 dilihat
NasDem Sebut Dukungan ke Anies di Pilpres 2024 Berdampak Elektabilitas Partai Turun
Dukungan untuk Anies di Pilpres 2024 dari Partai NasDem berimbas turunnya elektabilitas partai besutan Surya Paloh tersebut dari hasil survei SRMC. Foto: Ist.

" Partai NasDem tak mempermasalahkan jika ada survei yang menyebut kalau elektabilitasnya turun, pasca memberikan dukungan untuk Anies Baswedan sebagai calon presiden di pemilu 2024 mendatang "

SURABAYA, TELISIK.ID - Partai NasDem tak mempermasalahkan jika ada survei yang menyebut kalau elektabilitasnya turun, pasca memberikan dukungan untuk Anies Baswedan sebagai calon presiden di pemilu 2024 mendatang.

Dewan Pakar DPW Partai NasDem Jawa Timur, Muzamil Syafii mengatakan, turunnya elektabilitas partai merupakan sebuah konsekuensi yang harus diterima sebagai bentuk dukungan untuk Anies di pilpres.

"Tentunya ini sebagai dampak dukungan untuk Pak Anies dan partai NasDem siap untuk itu," ujar mantan Wabup Pasuruan ini, Kamis (22/12/2022).

Baca Juga: Golkar Diam-diam Evaluasi Kinerja Pj Bupati Muna Barat, Ini Hasilnya

Anggota Fraksi NasDem DPRD Jawa Timur ini mengatakan untuk survei, turunnya elektabilitas partainya hanya ada di satu survei saja.

"Paling hanya satu saja, sedangkan survei-survei lainnya partai NasDem elektabilitasnya selalu naik," jelasnya.

Muzamil mengatakan, hasil survei NasDem yang mengalami penurunan dibandingkan survei elektabilitas Anies yang naik, menjadi pemicu partainya untuk terus menaikkan survei partai NasDem itu sendiri.

"Ini jelas menjadi pemicu kami untuk terus memaksimalkan diri menaikan elektabilitas itu sendiri," tandasnya.

Survei Saiful Mujani Research and Colsultant (SMRC) menunjukkan elektabilitas Anies Baswedan naik. Namun, elektabilitas partai Nasdem justru turun.

Elektabilitas Anies Baswedan mengalami tren peningkatan usai dideklarasikan oleh NasDem pada Oktober 2022 lalu. Anies meraih elektabilitas sebesar 28,1% atau meningkat 3?ri bulan sebelumnya sebesar 25,1 persen.

Kenaikan elektabilitas Anies tersebut tidak berbanding lurus dengan elektabilitas partai Nasdem yang mengusungnya. Elektabilitas NasDem hanya sebesar 3,2% atau turun sebanyak 1,6% dibanding bulan sebelumnya. Padahal, pada Pemilu 2019 lalu, NasDem mampu meraup angka 9,05%.

Baca Juga: PAN Siap Menangkan Abdurrahman Shaleh di Pilgub Sulawesi Tenggara 2024

Dengan hasil survei ini, deklarasi dukungan terhadap Anies tidak memberikan dampak positif pada partai NasDem.

“Belum ada dampak yang signifikan deklarasi NasDem kepada Anies. Sementara Anies sendiri setelah dideklarasikan itu kelihatan ada efek positifnya," kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani dalam keterangan yang dikutip dari kanal Youtube SMRC TV, Kamis (22/12/2022).

Survei ini dilakukan dengan tatap muka pada 3-11 Desember 2022. Responden dipilih melalui metode stratified multistage random sampling dari populasi pemilih nasional dengan sampel sebanyak 1.209 responden. Margin of error survei ini +- 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga