Nasib Shin Tae-yong Kini, Akan Kembali ke Korea?

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 25 Januari 2023
0 dilihat
Nasib Shin Tae-yong Kini, Akan Kembali ke Korea?
Meski gagal membawa Indonesia ke Final Piala AFF 2022, namun PSSI menilai Shin Tae-yong berhasil meningkatkan peringkat Timnas Indonesia di ranking FIFA. Foto: Repro Okezone.com

" Dampak dari kekalahan yang dialami Indonesia di semifinal Piala AFF 2022, tak sedikit membuat netizen mengungkap kekecewaanya pada Shin Tae-yong "

JAKARTA, TELISIK.ID - Setelah gagal melenggang ke final akibat kalah saat melawan Vietnam di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di My Dinh Stadium, Hanoi, Senin (9/1/2023) malam WIB, kini nasib Shin Tae-yong dipertanyakan.

Bahkan dampak dari kekalahan yang dialami Indonesia, tak sedikit membuat netizen mengungkap kekecewaanya pada pelatih asal Korea Selatan itu.

Walaupun begitu, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan bahwa Shin Tae-yong masih bertahan di posisinya hingga kontrak berakhir. Shin Tae-yong menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia sejak Desember 2020 hingga Desember 2023 atau kontrak tiga tahun seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Hasil Sementara Klasemen Liga Inggris

Sebab, masih ada beberapa agenda selepas Piala AFF 2022, yakni: Piala Asia U20 2023 (Uzbekistan, 1-18 Maret 2023) SEA Games 2023 (Kamboja, 5-17 Mei 2023) Piala Dunia U20 2023 (Indonesia, 20 Mei-11 Juni 2023) Piala Asia 2023 (Qatar). Sejauh ini, Shin Tae-yong belum memberikan prestasi secara gelar atau trofi. Namun, kelolosan Indonesia ke Piala Asia 2023 merupakan sejarah bagi sepak bola tanah air.

Selain itu, Shin Tae-yong juga berhasil meningkatkan peringkat Timnas Indonesia di ranking FIFA. Sebelumnya, skuad Garuda berada di peringkat ke-179, kemudian perlahan meningkat di urutan ke-151.

Baca Juga: Anthony Ginting ke Semifinal India Open Lewat Drama 65 Menit, Ini Lawan Berat Berikutnya

Tanggapan positif juga diungkapkan oleh eks pemain Timnas Indonesia, Beto Goncalves ikut berkomentar soal nasib Shin Tae-yong. Walau gagal membawa skuad Garuda menjuarai Piala AFF 2022, Beto menilai pelatih asal Korea Selatan itu sangat layak untuk dipertahankan.

Striker Madura United itu berharap Shin Tae-yong tetap melanjutkan perjuangannya bersama Tim Merah-Putih. Pelatih berusia 52 tahun itu diharapkan mendapat perpanjangan kontrak.

"Bukan cuma Shin Tae-yong saja yang gagal, sudah ada berapa pelatih juga yang lewat Timnas Indonesia gagal juga. Kalau kita ingin Timnas Indonesia maju, pelatih yang datang ke Indonesia harus dikasi waktu," ujar Beto dilansir dari Bola.com, Rabu (25/1/2023). (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga