Nelayan di Kolaka Ditemukan Setelah Hilang Sepekan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 16 Juni 2024
0 dilihat
Nelayan di Kolaka Ditemukan Setelah Hilang Sepekan
Tim SAR gabungan mengevakuasi korban usai hilang selama sepekan di Pulau Padamarang Kabupaten Kolaka. Foto: Ist.

" Seorang nelayan yang hilang di Pulau Padamarang, Kecamatan Wundulako, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, berhasil ditemukan Sabtu (15/6/2024) "

KOLAKA, TELISIK.ID - Seorang nelayan yang hilang di Pulau Padamarang, Kecamatan Wundulako, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, berhasil ditemukan Sabtu (15/6/2024).

Korban bernama Suhrin (55) Warga Kelurahan Dawi-Dawi Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, ditemukan selamat setelah dilaporkan oleh keluarganya karena tak kunjungi pulang dari melaut sejak Kamis (6/6/2024).

Pencarian korban dilakukan oleh tim SAR gabungan Satpolairud Polres Kolaka dan Basarnas Kolaka, dibagi menjadi 2 Sru dengan Sru 1 keluarga korban sejauh 1.75 km menyusuri jalan setapak, Sru 2 Basarnas, potensi dan keluarga korban menyisir perairan Pulau Padamarang sejauh 28 Nm.

Kasi Humas Polres Kolaka, Iptu Dwi Arif Setiawan mengatakan, pencarian korban dilakukan pada (15/4/2024) pukul 07.15 Wita hingga pukul 12.30 Wita Tim SAR Gabungan masih belum menemukan tanda keberadaan korban.

"Pada pukul 17.50 Wita terima info dari Osc bahwa korban berhasil ditemukan kurang lebih 40 meter dari posko arah utara barat laut," jelasnya.

Baca Juga: Nelayan Mawasangka Buton Tengah Ditemukan Tewas Setelah Tiga Hari Pencarian

Lanjut, Iptu Dwi Arif, korban S ditemukan dalam kondisi selamat, korban kembali sendiri ke posko yang kebetulan bertemu dengan salah satu tim SAR gabungan pada saat yang bersangkutan kembali ke posko.

"Selanjutnya korban diserahkan kepada  keluarga," ucapnya.

Iptu Dwi Arif membeberkan, sebelumnya Suhrin diketahui pergi memasang pukat ikan di sekitar Pulau Padamarang bersama rekannya bernama Iwan pada Rabu (5/6/2024).

Baca Juga: Kapal Nelayan Subur 006 Ditemukan Selamat Setelah 15 Hari Hilang

Keesokan harinya, pada Kamis (6/6/2024) pukul 09.00 Wita, Iwan kembali ke Kolaka untuk mengambil es dan kemudian kembali ke Pulau Padamarang pada sore harinya.

Lanjut Iptu Dwi Arif, saat teman korban tiba, temannya sudah tidak melihat korban di sekitaran Pulau Padamarang. Lalu melakukan pencarian, dan ditemukan bekas tebasan parang pada kayu yang jaraknya sekitar 1,5 km dari lokasi korban menginap.

"Pencarian Suhrin kemudian dilakukan selama beberapa hari oleh Tim SAR gabungan yang terdiri dari Pos SAR Kolaka, Polairud Polres Kolaka, SAR USN, dan keluarga korban," pungkasnya. (C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga