Nelayan Hilang di Perairan Batu Atas Buton Selatan Ditemukan Selamat di Bulukumba

Febriyani, telisik indonesia
Minggu, 24 September 2023
0 dilihat
Nelayan Hilang di Perairan Batu Atas Buton Selatan Ditemukan Selamat di Bulukumba
Tim gabungan saat melakukan pencarian terhadap seorang nelayan dari Desa Tira, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, yang menghilang melaut di perairan Batuatas. Foto: Kolase

" Seorang nelayan, La Rifan (31) yang hilang di perairan Batu Atas, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan saat ini dikabarkan selamat dan berada di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Seorang nelayan, La Rifan (31) yang hilang di perairan Batu Atas, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan saat ini dikabarkan selamat dan berada di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Salah satu anggota keluarga, Faiz menjelaskan, korban yang mengabari keluarga melalui vidio call (VC) jika sekarang dia berada di Bulukumba.

"Dia menghubungi sendiri, katanya dia ditemukan sama nelayan di Bulukumba empat hari yang lalu," ungkapnya, Minggu (24/9/2023).

Baca Juga: Tujuh Hari Hilang, Basarnas Hentikan Pencarian Nelayan di Perairan Batu Atas Buton Selatan

Ia menjelaskan, korban mengalami mati mesin dan mengambang di lautan. Setelah empat hari mengambang di lautan, ia ditemukan oleh nelayan dari Bulukumba.

"Sekarang keadaanya baik-baik saja. Allhamdulillah kami keluarga sangat bersyukur. Nanti akan dijemput oleh pihak Basarnas," jelasnya.

Mendengar La Rifan, atau biasa disapa La Umang masih hidup dan dalam keadaan selamat, seluruh warga Desa Tira, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan bersorak bahagia dan sangat bersyukur.

"Allhamdulillah, kami bahagia sekali, kini sudah ditemukan. Sepertinya kita harus mengadakan syukuran atas ini," ucap salah satu warga, Wati.

Baca Juga: Gempa Bumi M 4,6 Guncang Buton Selatan, Berpusat di Laut

Dari kejadian itu, banyak warga yang menghimbau agar korban untuk berhenti dulu dari melaut dan mencari profesi yang lain.

kronologi peristiwa bermula, pada Sabtu, 16 September 2023 pukul 03.00 Wita, korban pergi melaut menggunakan longboat dari pelabuhan rakyat Desa Tira, Buton Selatan menuju rompong kurang lebih 20 NM (sebelum pulau Batu Atas), di mana kebiasaan korban kembali dari melaut sore keesokan harinya.

Sebelumnya telah dilakukan pencarian oleh pihak keluarga dengan menggunakan 3 buah longboat selama 7 hati.

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga