Nelayan Hilang di Perairan Tolandona Buton Tengah Ditemukan Meninggal Dunia

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 26 November 2023
0 dilihat
Nelayan Hilang di Perairan Tolandona Buton Tengah Ditemukan Meninggal Dunia
Jenazah nelayan yang hilang di perairan Tolandona, saat dilakukan evakuasi. Foto: Ist.

" Seorang nelayan berusia 65 tahun, Samunu, yang hilang di perairan Tolandona Jumat (24/11/2023) lalu, ditemukan meninggal dunia pada hari ke-2 pencarian "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Seorang nelayan berusia 65 tahun, Samunu, yang hilang di perairan Tolandona Jumat (24/11/2023) lalu, akhirnya ditemukan meninggal dunia pada hari ke-2 pencarian oleh tim SAR gabungan.

Tim SAR membagi diri menjadi dua kelompok. Tim pertama menggunakan RIB dan aquaeye untuk menyisir lokasi kejadian dan menemukan longboat milik korban, sementara tim kedua menggunakan enam unit longboat untuk menjelajahi pantai bagian utara hingga Tanjung Kalangkangan.

Pukul 09.15 Wita, korban ditemukan di pesisir pantai Desa Wara oleh Tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal dunia sekitar 3,8 NM arah barat daya dari LKP. Proses evakuasi dilakukan dengan cepat, dan korban dibawa ke Pelabuhan Tolandona untuk selanjutnya dibawa ke rumah duka dan diserahkan kepada keluarga korban.

Muhamad Arafah, Kepala KKP Kendari, menyatakan bahwa dengan penemuan korban, operasi SAR resmi ditutup. Seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Baca Juga: Pencarian ABK KM Sumber Rezeki dan Nelayan Buton Selatan Belum Ditemukan

Samunu adalah seorang nelayan berusia 65 tahun, berasal dari Dusun Nambo, Kelurahan Tolandona Matanaeo, Kecamatan Sangia Wambulu, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara.

Cuaca saat kejadian tercatat berawan dengan arah angin Timur-Barat Laut. Tinggi ombak berkisar antara 0,5 hingga 1 meter, dan kecepatan angin mencapai 0,5 hingga 11 knot. Operasi melibatkan berbagai unsur, termasuk Pos SAR Baubau, Pol Air Polres Baubau, Polsek Sangia Wambulu, Babinsa Sangia Wambulu, PMI Baubau, nelayan setempat dan keluarga korban.

Baca Juga: Seorang Nelayan Hilang di Perairan Karang Kapota Wakatobi

Berbagai alat dan kendaraan digunakan dalam pencarian ini, seperti RIB, longboat, rescue car, alat selam, aquaeye, dan peralatan keselamatan lainnya. Meski hasilnya tragis, operasi ini menunjukkan koordinasi yang erat antara lembaga-lembaga terkait

Sebelumnya, pada Jumat (24/11/2023) malam, Samunu keluar melaut menggunakan longboat untuk memasang jaring ikan di perairan Tolandona. Pukul 21.00 Wita, longboat korban ditemukan oleh nelayan Kalialia, namun Samunu tak kelihatan. Dugaan sementara menyebutkan bahwa korban mungkin terjatuh dari longboat. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga