Nelayan Kolaka Utara Keciprat Dana Rp 413 Juta

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 01 Desember 2021
0 dilihat
Nelayan Kolaka Utara Keciprat Dana Rp 413 Juta
Aktivitas nelayan di Desa Lanipa-nipa, Kecamatan Katoi usai melaut. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Pemkab Kolaka Utara (Kolut) melalui Dinas Perikanan Kolut mengucurkan dana sebesar Rp 413.298.750.00, untuk membantu para nelayan di Kolut "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemkab Kolaka Utara (Kolut) melalui Dinas Perikanan Kolut mengucurkan dana sebesar Rp 413.298.750.00, untuk membantu para nelayan di Kolut.

Kepala Dinas Perikanan Kolut, Ir. H. Zakaria Bakrie, M.Si mengatakan, kucuran dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tersebut untuk pengadaan bantuan kapal penangkap ikan 2 Gross Tonnage (GT) dan 3 GT, mesin, alat penangkap ikan serta alat bantu penangkap ikan.

"Bantuan tersebut diberikan kepada delapan kelompok nelayan yang tersebar di beberapa kecamatan di Kolaka Utara dalam bentuk fisik," katanya, Rabu (1/12/2021).

Kata dia, bantuan tersebut diberikan secara berkelompok karena keterbatasan anggaran yang disiapkan Pemda, sehingga tidak memungkinkan pemerintah membagikan setiap nelayan.

"Olehnya itu, kita menginginkan agar setiap kelompok dapat memanfaatkan bantuan itu secara bersama-sama bukan hanya satu orang saja," tukasnya.

Tentu pemerintah berharap, lanjut dia, bantuan yang telah diberikan dapat menghasilkan dan meningkatkan taraf ekonomi para nelayan di dalam kelompok tersebut, sehingga kedepannya mereka bisa mandiri dan tidak berharap lagi bantuan dari pemerintah.

"Jadi bantuannya dipelihara baik-baik, dan seharusnya setiap kelompok membuat pembukuan agar pemerintah dapat mengukur tingkat keberhasilan setiap kelompok atas bantuan yang telah diberikan. Bagi mereka yang tidak memanfaatkan bantuan dengan baik, dihentikan saja pemberian bantuan berikutnya," terangnya.

Baca Juga: Hilang 2 Hari Saat Cari Daun Rotan di Hutan, Warga Kolut Ditemukan Selamat

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Penangkapan Ikan dan Pengelolaan TPI, Askar merinci sebanyak empat kelompok nelayan menerima bantuan berupa kapal penangkap ikan 2 GT beserta mesin dan alat penangkap ikan.

Empat kelompok tersebut yakni kelompok nelayan Bintang Utara di Desa Watumea, Kecamatan Tiwu, ketua Muh. Yunus. Barokah Biru, Desa Kalu-kaluku, Kecamatan Kodeoha, ketua Hj. Bunga.

KUB Lumba-lumba, Desa Lambai, Kecamatan Lambai, ketua Masdir Deni. KUB Tinumbu, Desa Tebongiano, Kecamatan Lambai, Ketua Dg. Malandre.

"Setiap kelompok mendapatkan bantuan satu paket dengan anggaran sebesar Rp 24.750.000. Total bantuan keseluruhan untuk empat kelompok Rp 99.000.000," urainya.

Selanjutnya, tiga kelompok nelayan menerima bantuan kapal penangkap ikan 2 GT beserta mesin, alat penangkap ikan, dan alat bantu penangkap ikan. Setiap kelompok mendapat satu paket bantuan sebesar Rp 66.250.000. Total keseluruhan anggaran sebesar Rp 198.750.000 untuk tiga paket bantuan.

"Kelompok nelayan yang menerima bantuan ini yakni kelompok Batu Karang, Desa Lawadia, Kecamatan Tiwu, ketua Sappe Saputra. KUB Syuhada, Desa Tahibuah, Kecamatan Tiwu, ketua Suriadi. Dan KUB Nippon Mandiri, Desa Lapasi-pasi, Kecamatan Lambai, ketua Sunarya," bebernya.

Baca Juga: Beberapa Rumah di Kolut Terancam Ambruk Gegara Banjir

Sedangkan satu kelompoknya lagi yakni KUB Pasir Putih, Desa Lawadia, Kecamatan Tiwu, ketua Irfan menerima bantuan kapal penangkap ikan 3 GT beserta mesin, alat penangkap ikan dan alat bantu penangkap ikan dengan total anggaran Rp 115.548.750.

"Total keseluruhan bantuan untuk delapan kelompok Rp 413.298.750," pungkasnya.

Untuk diketahui, bantuan nelayan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH kepada perwakilan kelompok nelayan di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Kolut, Jumat (27/11/2021). (B)

Reporter: Muh. Risal H

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga