Netizen Sebut Ledakan di Lebanon Seperti Hiroshima dan Nagasaki

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 05 Agustus 2020
0 dilihat
Netizen Sebut Ledakan di Lebanon Seperti Hiroshima dan Nagasaki
Kondisi usai ledakan Lebanon terjadi. Insert, tagar yang trending di Twitter. Foto: Repro Google.com

" Semoga Allah memelihara, menyelamatkan dan mengampunkan saudara kita yang terkorban di Lubnan. Letupan yang dahsyat, persis letupan di Hiroshima dan Nagasaki. Innalillah wa inna ilayhi raji’un :'(. "

LEBANON, TELISIK.ID - Ledakan yang terjadi di Lebanon menjadi trending topik di media sosial. Khususnya di Twitter, sejumlah warganet menyebut kejadian tersebut seperti ledakan bom Hiroshima dan Nagasaki di Jepang.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, sejumlah hastage yang terkait ledakan di Libanon menjadi trending topik. Di antaranya #PrayForLebanon dan #Hiroshima.

Hingga berita ini dibuat, tagar #PrayForLebanon menembus jumlah cuitan sebanyak 319 ribu tweet, dan tagar #Hiroshima mencapai 114 ribu tweet.

Karena ledakan ini cukup besar dan memberikan dampak yang cukup parah, maka Warganet pun menyebut ledakan Lebanon ini seperti ledakan bom nuklir yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang.

"Semoga Allah memelihara, menyelamatkan dan mengampunkan saudara kita yang terkorban di Lubnan. Letupan yang dahsyat, persis letupan di Hiroshima dan Nagasaki.

Innalillah wa inna ilayhi raji’un :'(," tulis akun @shukery_azizan.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun,,,

Lihat kepulan asapnya kayak bom atom Hiroshima n Nagasaki d Jepang,

Untuk saudaraku di Lebanon, Semoga Allah memberikan kalian kekuatan.

#PrayForLebanon," kata milik akun @AdindaKeysaNew.

"Gila sih ini udah kaya bom nuklir Hiroshima. Tetep kuat buat semua warga Lebanon. Semoga korban meninggal dalam keadaan Husnul khotimah ????#prayforbeirut #Lebanon," tulis akun @uwwuuphobia.

Baca juga: Ledakan di Lebanon, Seluruh WNI Selamat

Sementara itu, ada pun sejumlah netizen yang tidak sependapat hal tersebut. Sebab, jika ledakan di Hiroshima menghancurkan satu kota, tapi ledakan di Lebanon ini tidak sampai satu kota.

"Yang ngomong ledakan di beirut mirip ledakan di hiroshima gak logis banget, udah jelas luas kota nya aja beda jauh... dan pada saat itu hiroshima 1 kota hancur lebur ... sedangkan beirut gak 1 kota.. #prayforbeirut," tulis akun @ygella.

"Di pelabuhan Beirut, 2750 ton Ammonium nitrate disimpan di tempat yg sama selama 6 tahun tanpa pengamanan.

2750 ammonium nitrate setara dengan 1.100 ton TNT.

Sebagai perbandingan, bom atom Hiroshima setara dengan 15.000 TNT."  tulis akun @_jktinfo.

Berdasarkan informasi yang beredar, puluhan warga dilaporkan meninggal dunia dan ribuan orang mengalami luka-luka pasca-ledakan besar yang mengguncang Beirut, Lebanon pada Selasa (4/8/2020) petang.

Ledakan yang berlokasi di kawasan pelabuhan itu mengguncangkan seluruh ibu kota, mengguncang bangunan dan menebarkan kepanikan di antara warganya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga