New Normal, Perhotelan dan Restoran Mulai Membaik

Kardin, telisik indonesia
Sabtu, 13 Juni 2020
0 dilihat
New Normal, Perhotelan dan Restoran Mulai Membaik
Ketua PHRI Sultra, Ir Hugua. Foto: Ist.

" Setelah lebaran Idul Fitri terjadi lompatan-lompatan pelan tapi pasti dan sekarang hunian hotel sudah mencapai 15 persen. "

KENDARI, TELISIK.ID - Terpukulnya industri pariwisata akibat COVID-19 kini secara perlahan mulai membaik akibat penerapan new normal atau tatanan kehidupan normal baru.

Bahkan untuk wilayah industri perhotelan dan restoran yang sempat 'tiarap' dan menghentikan sementara aktivitasnya, mulai menyambut baik new normal dengan dibuka kembali operasionalnya.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sultra, Ir Hugua menerangkan, sejak Februari-Mei 2020 waktu lalu, industri pariwisata termasuk perhotelan dan restoran mengalami penurunan pendapatan hingga mencapai 5 persen saja.

Namun pasca Idul Fitri, pelan tapi pasti perhotelan dan restoran mulai menampakkan sisi baik seiring dengan penerapan new normal.

"Setelah lebaran Idul Fitri terjadi lompatan-lompatan pelan tapi pasti dan sekarang hunian hotel sudah mencapai 15 persen," papar Hugua, Sabtu (13/6/2020).

Baca juga: Berawal dari Hobi, Pengusaha ini Dirikan Museum Kendaraan Antik

Bahkan Anggota Komisi II DPR RI ini memprediksi, pada minggu ini tingkatan hunian dan pengunjung restoran bakal naik hingga menyentuh angka 20 persen.

"Apalagi kantor sudah mulai, penerbangan mulai normal, transportasi publik juga begitu. Ini menunjukkan mobilitas orang-orang mulai berjalan," terangnya.

Olehnya itu katanya, industri pariwisata dalam negeri kini secara perlahan mulai menunjukkan perkembangannya lagi menuju pemulihan.

"Tapi untuk pariwisata internasional, barangkali nanti 2021 baru recovery dan 2022 baru normal," tutupnya.

Reporter: Kardin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga