adplus-dvertising

Newell's Old Boys, Klub Pertama yang Meroketkan Nama Lionel Messi saat Masih Kecil

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 20 November 2021
1345 dilihat
Newell's Old Boys, Klub Pertama yang Meroketkan Nama Lionel Messi saat Masih Kecil
Mega bintang Timnas Argentina, Lionel Messi. Foto: Repro wikipedia.org

" Nama Lionel Messi sudah dikenal luas oleh masyarakat dunia. Permainannya luar biasa dalam memainkan si kulit bundar (bola) yang menjadikan Messi menjadi mega bintang pesepak bola dunia "

BUENOS AIRES, TELISIK.ID – Nama Lionel Messi sudah dikenal luas oleh masyarakat dunia. Permainannya luar biasa dalam memainkan si kulit bundar (bola) yang menjadikan Messi menjadi mega bintang pesepak bola dunia.

Meski sebagian besar masyarakat dunia mengenal namanya, namun tidak banyak yang mengetahui sejarah sehingga Messi bisa menjadi pemain terbaik dunia, salah satunya klub sepak bola yang membesarkan namanya.

Mengutip okezone.com, Lionel Messi kecil bersinar bersama klub Grandoli racikan Salvador Aparicio. Berkat penampilan luar biasa untuk pemain seukurannya di periode 1992-1994, nama Messi pun dibidik beberapa klub profesional Argentina.


Namun karena kecintaannya kepada klub asal Kota Rosario, Newell’s Old Boys, Messi dan keluarga pun tak menolak ketika mendapat tawaran dari klub tersebut. Setelah mendapat tawaran dari Newell’s, secara sopan Jorge Messi (ayah) dan Leo Messi kecil menemui pelatih Grandoli, Aparicio.

Baca Juga: 5 Pelatih Top Segera Dipecat pada 2022, Ada yang Bakal Digantikan Zinedine Zidane

Saat itu, Jorge mengatakan ingin memasukkan Messi ke Newell’s dan Aparicio pun tak bisa menahannya. Pada 21 Maret 1994, Messi resmi menjadi pemain junior Newell’s dengan nomor ID 992313.

Salah satu alasan Messi tertarik bermain di Newell’s karena sang ayah pernah bermain untuk tim junior yang bermarkas di Stadion Marcelo Bielsa itu. Selain itu pada 1993, secara luar biasa Newell’s juga pernah diperkuat pesepakbola yang sukses besar bersama Timnas Argentina dan Napoli, Diego Maradona.

Karena alasan itulah, Messi kecil memiliki hasrat besar membela Newell’s. Kompetisi usia dini di Argentina begitu terstruktur, sehingga kualitas olah bola Messi semakin terasah dari pertandingan ke pertandingan.

Pada 1996, mengutip dari buku The Inside Story of The Boy Who Became a Legend, Newell’s mengikuti turnamen internasional Cantolao di Lima, Peru. Sebanyak 25 tim yang berasal dari Argentina, Cile, Kolombia dan Ekuador ambil bagian.

Di akhir kompetisi, Newell’s berhasil menjadi juara dan Messi yang baru berusia sembilan tahun menarik perhatian media-media internasional. Berkat kesuksesan di turnamen yang berhadiah piala lumba-lumba itu, Messi sering diundang ke acara pembukaan-pembukaan pertandingan untuk menunjukkan aksi juggling di tengah-tengah laga.

“Dia sangat istimewa. Dia sangat tenang, dia juga bisa berlari cepat, operan-operan bolanya begitu akurat. Dia bekerja sama dengan baik, tetapi juga mampu mendahului tim lawan. Sepertinya, dia memang mengalami bakat alami untuk bermain sepakbola,” kata Ernesto Vecchio, pelatih kedua Messi di Newell’s.

Ernesto sendiri menangani Messi selama dua tahun (1996-1998). Dalam periode itu, Newell’s dibawa Messi juara di Turnamen Balcarce. Lawan yang dikalahkan tidak tanggung-tangung, sebut saja Boca Juniors, Independiente dan San Lorenzo.

Baca Juga: Mohamed Salah Lelang Jersey Liverpool Miliknya saat Bantai MU 5-0 untuk Amal

“Tim lawan tidak bisa berbuat banyak karena mereka tidak pernah bisa menguasai bola. Aku ingat Rodas dan Messi-lah si pembawa malapetaka bagi kami. Sekali mereka menguasai bola, kami tidak akan pernah bisa merebutnya. Bahkan para pemain belakang kadang merasa bosan mencoba merebut bola darinya,” kata Lautaro Formica, lawan Messi di masa kecil.

Mengutip indosport.com, Messi yang kini menjadi pemain hebat dunia bergabung dengan klub lokalnya yang berbasis di Rosario pada usia enam tahun.

La Pulga bergabung dengan Newell's Old Boys sampai tahun 2000 sebelum akirnya memutuskan untuk pergi ke Eropa memperkuat Barcelona di Liga Spanyol, pada usia 13 tahun. Messi mencetak 234 gol dalam 176 pertandingan di level junior untuk Newell's Old Boys, klub yang masih ia dukung hingga saat ini. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga