Nikmati Jajanan Teluk Kendari pada Festival Kessilampe

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Sabtu, 24 Juni 2023
0 dilihat
Nikmati Jajanan Teluk Kendari pada Festival Kessilampe
Berbagai jajanan dan produk hasil UMKM warga Kelurahan Kessilampe dipamerkan di Festival Kessilampe, Kota Kendari. Foto : Ahmad Badaruddin/Telisik

" Desiran ombak dan angin sepoi-sepoi bersatu padu dengan aroma jajanan yang disuguhkan pada pagelaran Festival Kessilampe, diselenggarakan di Kelurahan Kessilampe, Kota Kendari dari 22-25 Juni 2023 "

KENDARI, TELISIK.ID - Desiran ombak dan angin sepoi-sepoi bersatu padu dengan aroma jajanan yang disuguhkan pada pagelaran Festival Kessilampe, diselenggarakan di Kelurahan Kessilampe, Kota Kendari dari 22-25 Juni 2023.

Sesuai namanya, festival yang diinisiasi oleh para warga Kelurahan Kessilampe itu bertempat di Jalan Poros Kendari-Toronipa, Festival Kessilampe menghadirkan suasana pengunjung dapat menikmati berbagai jajanan murah dari berbagai tenant makanan sembari menikamati keindahan pemandangan laut Teluk Kendari, bahkan jika beruntung pengunjung juga dapat menyaksikan kapal-kapal fery melintas.

Berdasarkan penuturan dari salah satu panitia, Muttaqin Hidayat tujuan diadakannya festival dengan tema UMKM bangkit, untuk membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyrakat Kessilampe itu sendiri, mengingat lokasi kelurahan ini yang cukup strategis.

Baca Juga: Ratusan Motor Racing Mengaspal di Kota Kendari, Usia Pembalap Ada yang 12 Tahun

"Karena tempatnya di Jalan Poros Kendari-Toronipa, jadi banyak wisatawan yang mau ke Toronipa lewati wilayah ini, kami manfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan UMKM di daerah ini," ungkapnya pada Telisik.id, Sabtu (24/6/2023).

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya para pelaku usaha dari Kessilampe yang berdagang. Salah satunya adalah Rita yang menjual jajanan pasar seperti risol dan gorengan.

"Kami warga asli di sini, kebetulan kami memang penjual sebelum festival ini, kami jual-jualan di rumah," ungkapnya.

Rita juga menambahkan, selama pelaksanaan Festival Kessilampe, dagangannya meningkat pesat.

Selain memberikan pengaruh pada warga Kessilampe, keberadaan festival turut menghibur wisatawan yang hendak menuju pantai Toronipa ataupun sebaliknya. Salah satunya ialah Sutrisno bersama keluarga.

Baca Juga: Hasil Penelitian Administrasi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Sulawesi Tenggara Wilayah II Diumumkan

"Kami dari berwisata di Toronipa kebetulan lewat, kami singgah istirahat dulu," tuturnya.

Selain menyajikan berbagai tenant jajanan, festival ini juga menghadirkan berbagai lomba seperti mewarnai, jalan santai, senam sehat, lulo kreasi, lomba memancing hingga lomba karaoke. Festival juga menghadirkan live musik yang diisi oleh band-band lokal Kendari.

Festival ini sendiri akan selesai pada Minggu (25/6/2023) besok dengan menghadirkan kegiatan jalan santai dan senam sehat. Festival ini sendiri didukung langsung oleh Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga