Nikmati Keindahan Pulau Maginti Muna Barat

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Selasa, 09 Mei 2023
0 dilihat
Nikmati Keindahan Pulau Maginti Muna Barat
Pulau Maginti, Muna Barat merupakan salah satu destinasi wisata yang indah namun belum terekspose. Foto: Ist.

" Meski belum banyak terekspose, ternyata Kabupaten Muna Barat menyimpan destinasi wisata yang tak kalah indahnya di banding daerah lain. Destinasi wisata itu adalah Pulau Maginti "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski belum banyak terekspose, ternyata Kabupaten Muna Barat menyimpan destinasi wisata yang tak kalah indahnya di banding daerah lain. Destinasi wisata itu adalah Pulau Maginti.

Daya tarik utama wisata Pulau Maginti adalah pantai dengan panorama yang indah. Bahkan, dari sini kita bisa menyaksikan sunset juga sunrise dalam satu tempat yang sama. Di tempat itu dapat merasakan suasana pulau yang tenang, jauh dari hingar bingar keramaian.

Maginti sangat cocok bagi wisatawan yang suka berkemah dan melakukan snorkeling karena pantainya bersih. Selain itu terumbu karangnya masih terjaga dan lautnya yang biru tosca menawarkan pesona bawah laut yang cantik.

Baca Juga: Pantai Membuku Buton Utara Keindahan Serupa Kuta Bali tanpa Biaya Mahal

Selain itu, terdapat keindahan pasir tombura yang memiliki pesona hingga menghipnotis setiap pengunjung yang menginjakkan kaki di sana. Hati seketika terpesona dan bibir berdecak kagum ketika mata memandang bukit pasir yang terhampar luas.

Di Pulau Maginti pengunjung bisa menikmati sunset dan sunrise di tempat yang sama. Foto: Ist.

 

Sisi lain dari pulau ini, selain dari warganya yang ramah, tersimpan tempat-tempat yang sangat indah serta kaya akan kuliner lautnya seperti lobster, cumi-cumi, kepiting, serta ikan segar yang dapat dinikmati saat berkunjung.

Pulau maginti terletak di Kecamatan Maginti, Kabupaten Muna Barat. Perjalanan dari Kota Kendari dapat ditempuh melalui jalur udara di Bandara Haluoleo tujuan Pulau Muna di Bandara Sugi Manuru, kemudian dilanjutkan jalur darat ke Pelabuhan Pajala.

Selain itu ada pilihan jalur laut melalui pelabuahan fery dan kapal cepat di Pelabuhan Nusantara Kendari. Setibanya di Kota Raha, mobil ataupun motor yang berangkat dari Kota Raha sampai ke Pelabuhan Pajala dengan waktu tempuh 90 menit. Setelah itu lanjut menyeberang menggunakan kapal selama kurang lebih 1 jam.

Baca Juga: Pesona Alam Menakjubkan Bukit Lahandu Binongko

Salah seorang warga lokal, Wahid Anugerah menjelaskan, yang bisa dinikmati di Pulau Maginti adalah keindahan panorama pantainya yang berada tepat di belakang pulau. Dari Muna ke Pulau Maginti, tentunya hanya dapat diakses melalui penyeberangan laut menggunakan perahu yang orang setempat sebut jolor dan bodi batang.

‘’Namun, agar liburan lebih menyenangkan, disarankan untuk tidak menyeberang saat musim angin barat, dikarenakan ombak yang tidak bersahabat,’’ ujarnya.

Selain itu, warga Maginti lainnya, Mustafa menambahkan untuk menikmati keindahan Pulau Maginti, pengunjung juga bisa menyewa perahu laut yang dikelola oleh masyarakat setempat.

"Tidak ada biaya retribusi tambahan l, dan sampai sekarang belum dikelola untuk dikembangkan secara langsung oleh dinas setempat yang bersangkutan," jelasnya. (B-Adv)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga