Nyeri Punggung Akibat WFH? Lakukan 5 Langkah Mudah Ini untuk Mengatasinya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 17 Agustus 2021
0 dilihat
Nyeri Punggung Akibat WFH? Lakukan 5 Langkah Mudah Ini untuk Mengatasinya
Sakit punggung akibat kelamaan duduk bekerja di rumah selama WFH. Foto: Repro alodokter.com

" Wabah Virus Corona atau COVID-19 menyebar di seluruh dunia telah mengubah banyak hal, termasuk metode dan budaya kerja pada banyak instansi, organisasi maupun perusahaan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Wabah Virus Corona atau COVID-19 menyebar di seluruh dunia telah mengubah banyak hal, termasuk metode dan budaya kerja pada banyak instansi, organisasi maupun perusahaan.

Dilansir dari merdeka.com, Fenomena WFH (Work From Home) atau kerja dari rumah merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19 pada banyak negara di dunia.

Namun, konsep bekerja dari rumah atau bekerja jarak jauh sebenarnya bukan hal baru, sebab sudah mendapat perhatian sejak akhir abad ke-20, menyertai kemunculan teknologi komunikasi dan komputer pribadi.

Pada tahun 80-an program uji coba jarak jauh dimulai pada berbagai lokasi di Amerika Serikat dan tahun 90-an banyak negara bagian, pemerintah daerah dan perusahaan telah menerapkan sistem bekerja jarak jauh. Didorong oleh perkembangan teknologi informasi dan persaingan bisnis internasional, lebih banyak lagi organisasi yang menerapkan bekerja jarak jauh.

Metode WFH dalam penerapannya membawa manfaat tersendiri, tetapi bisa juga jadi bumerang untuk diri sendiri, salah satunya diserang nyeri atau sakit punggung karena lalu lama di depan laptop atau komputer.

Terlalu lama duduk di depan komputer, laptop, maupun gadget lainnya, dapat membuat punggung menjadi kaku dan kurang nyaman. Akibatnya rasa nyeri punggung sering kali terjadi setelah bekerja maupun belajar online.

Dikutip dari yoursay.com, berikut lima tips mudah mencegah nyeri punggung akibat terlalu lama WFH dan belajar dari rumah.

1. Atur ruang kerja dengan baik

Untuk mencegah nyeri akibat terlalu lama beraktivitas di depan komputer atau gadget, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuat ruang menjadi senyaman mungkin. Anda dapat mengganti kursi kerja dengan kursi yang lebih nyaman dan sesuai, atau jika tidak menggunakan kursi, pastikan posisi tempat Anda duduk adalah yang paling nyaman.

Jika perlu gunakan bantal untuk menopang tulang belakang agar lebih nyaman dalam beraktivitas.

2. Perhatikan posisi duduk

Duduk terlalu lama dengan postur yang salah, misalnya saja membungkuk ke depan merupakan penyebab utama dari sakit punggung. Duduk dengan tegak dapat menjaga sendi dan tulang sejajar, menopang otot dan ligamen, sekaligus mencegah kelelahan otot.

Pastikan punggung tidak perlu membungkuk dan pergelangan tangan Anda tidak menggantung saat mengetik. Tak hanya itu, tulang belakang juga dapat terhindar dari posisi yang tidak normal.

Baca juga: Sering Merasa Lelah? Coba Konsumsi 6 Jenis Makanan Sehat Ini

Baca juga: Penelitian Ini Sebut Perempuan Lebih Berumur Panjang dari Pria, Tapi Tak Lebih Sehat

3. Sesuaikan dengan tinggi laptop atau komputer

Ketinggian laptop atau komputer juga harus disesuaikan, tidak boleh terlalu tinggi maupun rendah. Letakkan laptop tepat di tengah pandangan mata. Mata juga harus diarahkan ke tengah layar sehingga Anda tidak perlu mengangkat atau menurunkan leher.

Untuk sebagian besar pengguna, laptop perlu dinaikkan 5 hingga 10 inci untuk mendapatkan ketinggian yang seusai. Pastikan kaki menyentuh lantai, dan posisikan layar komputer agar bisa terlihat seluruhnya (tidak terlalu atas maupun bawah).

4. Lakukan peregangan

Untuk menghindari sakit punggung, sebaiknya janganlah duduk di kursi sepanjang hari. Istirahatlah setiap 20 menit atau lebih dan lakukan peregangan pada punggung.

Lakukan gerakan-gerakan sederhana, seperti pegang lengan di belakang, dengan menggenggam jari tangan. Kemudian luruskan tangan, dan angkat tangan sampai Anda merasakan peregangan di dada. Tahan selama 10 hingga 30 detik, lakukan secara berulang. Jika tidak memungkinkan dengan berdiri peregangan ini juga bisa dilakukan sambil duduk.

5. Periksa ke dokter

Jangan lupa untuk mengontrol kondisi punggung jika dirasa sering terasa sakit atau nyeri akibat bekerja maupun belajar dari rumah. Anda juga dapat meminta saran bagaimana tips tepat agar bekerja dan belajar online menjadi lebih nyaman.

Itulah tadi 5 tips mencegah nyeri punggung yang kerap menyerang usai terlalu lama berdiam diri di depan layar. Jika dirasa hal di atas belum juga menyelesaikan masalah pada punggung Anda, sempatkanlah untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan terdekat di sekitar.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga