Objek Wisata Alam Sorombipi yang Terlupakan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 08 Oktober 2022
0 dilihat
Objek Wisata Alam Sorombipi yang Terlupakan
Objek wisata Sorombipi di Desa Lalingato, Kabupaten Kolaka Timur yang tampak sepi pengunjung, dan terlihat masih ada pembenahan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Tempat wisata ini sempat sangat populer di tahun 2017 sampai 2019. Pernah viral dan banyak dikunjungi wisatawan lokal Koltim bahkan se-Sulawesi Tenggara "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Puncak Sorombipi berada di Desa Lalingato, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Destinasi alam yang berada di kawasan ketinggian ini menawarkan keindahan lingkungan dengan nuansa alami.

Kawasan sekitarnya dipadati rimbunan pohon pinus, membuat hati begitu sejuk dan teduh saat berada di sini.

Kawasan yang dulunya ramai pengunjung, sekarang suasananya nampak sepi. Hanya ada beberapa orang saja yang sedang membenahi fasilitas tempat wisata ini.

Sepinya puncak Sorombipi disebabkan karena COVID-19 yang melanda, membuat aktivitas di luar rumah ditiadakan. Sehingga wahana yang ada di dalam Sorombipi ibarat mati suri.

Menurut salah satu pengunjung, Gustut yang Telisik.id jumpai menuturkan, dirinya hanya iseng saja datang di sini karena ia mengira tempat wisata ini sudah dibenahi.

Baca Juga: Tempat Nongkrong Ini Ramai Dikunjungi Muda-Mudi Kota Kendari

"Saya kira sudahmi diperbaiki isi dalamnya, karena saya dengar kabar sudahmi diperbaiki, ternyata masih proses," tuturnya.

Rencana pembenahan kembali wisata Sorombipi yang berada di Kolaka Timur ini mendapat dukungan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT).

Pengunjung lainnya, Durnawata berharap agar pembenahan wisata Sorombipi ini cepat rampung, agar ada tempat rekreasi atau tempat refreshing.

"Semoga cepat rampung, supaya ada lagi tempat jalan-jalan yang dekat," lanjutnya.

Tempat wisata ini sempat sangat populer di tahun 2017 sampai 2019. Pernah viral dan banyak dikunjungi wisatawan lokal Koltim bahkan se-Sulawesi Tenggara.

Kemendesa PDTT pada pertengahan tahun ini telah mengucurkan anggaran sebesar Rp 500 juta melalui BUMDes untuk mengelola wisata Sorombipi dengan membangun lima unit bangunan pendukung.

Baca Juga: Jadi Wisata Kekinian, Ini Lokasi Instagramable di Kota Kendari

Kelima unit bangunan yang sedang dikerjakan saat ini adalah jalan lingkungan wisata, toilet umum, kios atau kedai serta gazebo atau saung dan penyediaan sarana prasarana TIK atau teknologi informasi dan komunikasi.

Sementara itu, penuturan dari masyarakat Desa Lalingato Arman, sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pihak pemerintah pusat dan pemerintah daerah dengan bantuan dana pembenahan wisata Sorombipi agar bisa kembali hidup dan ramai seperti dulu.

"Sudah lamami kami ingin tempat wisata ini kembali seperti dulu, bahkan kalau bisa lebih ramai lagi," tandasnya. (A)

Penulis  Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga