adplus-dvertising

Oki Setiana Dewi, Panutan Muslimah Indonesia

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 27 Oktober 2020
5962 dilihat
Oki Setiana Dewi, Panutan Muslimah Indonesia
Oki Setiana Dewi. Foto: Repro Google

" Artinya semangat beragama tampak besar terjadi di kelompok kelas menengah muslim. Khususnya selebriti berhijrah. "

KENDARI, TELISIK.ID - Nama Oki Setiana Dewi terus menjadi perhatian publik, bukan karena ia telah membuat ulah, tapi prestasi yang menjadi idaman kebanyakan orang telah diraihnya.

Wanita berhijab ini mulai dikenal masyarakat setelah membintangi film Ketika Cinta Bertasbih pada 2008. Sukses membintangi film tersebut, ia kembali tampil dalam Ketika Cinta Bertasbih 2.

Lewat perannya, Oki Setiana Dewi memperoleh dua anugerah sekaligus dari Indonesian Movie Awards 2010. Ia diganjar Aktris Pendatang Baru Terbaik dan Aktris Pendatang Baru Terfavorit.


Wanita kelahiran Batam, 13 Januari 1989 pindah ke Depok setelah 16 tahun menetap di tanah kelahirannya. Oki pun melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 1 Depok. Setelah lulus, ia kuliah di Fakultas Ilmu Bahasa, Universitas Indonesia mengambil jurusan Bahasa Belanda.

Sebetulnya, sebelum terjun ke layar lebar, pada tahun 2005, Oki sempat bermain FTV. Namun setelah itu, ia tak tampil lagi di layar kaca selama beberapa tahun. Putri dari Sulyanto dan Yunifah Lismawati ini pun memutuskan berhijab.

Pada 2008, kala usianya 19 tahun, Oki tampil sebagai pemeran utama wanita bernama Anna Althafunnisa dalam film drama religi Ketika Cinta Bertasbih. Film tersebut merupakan salah satu fim terlaris dengan meraup 3 juta kursi penonton. Begitu pun dengan seri kedua film ini meraih 1.5 juta penonton di tahun berikutnya.

Selain film, Oki begitu nama sapaannya juga merambah ke dunia sinetron. Ia pernah bermain dalam sinetron Ketika Cinta Bertasbih Spesial Ramadhan, Ketika Cinta Bertasbih Meraih Ridho Ilahi, Dari Sujud Ke Sujud, dan Anak-Anak Manusia.

Pada 12 Januari 2014 setelah melalui proses taaruf, Oki menikah dengan seorang pengusaha bernama Ory Vitrio De Janeiro. Dari pernikahannya ini, mereka telah dikaruniai tiga orang anak bernama Maryam Nusaibah Abdullah, Khadeejah Faatimah Abdullah dan saat berita ini ditulis, Oki sedang mengandung anak keempatnya.

Baca juga: Adi Hidayat Ulama Moderat

Terjun ke layar lebar dalam film religi mengantarkan Oki lebih aktif di kegiatan keagamaan. Ia bahkan menjadi penceramah di layar kaca.

Oki kini dipercaya sebagai penceramah dan motivator acara TV Islam Itu Indah dan Curahan Hati Perempuan. Ia benar-benar melakoni dirinya dalam religi yang ia yakini.

Oki memang dikenal sebagai orang yang mencintai Islam. Ia mendalami agamanya hingga belajar di Universitas Ummul Quro. Pengalamannya belajar di sana pun dituangkan dalam sebuah buku bertajuk Cahaya di Atas Cahaya. Selain itu, Oki juga pernah menulis beberapa buku lain di antaranya Hijab I'm In Love (2013) dan Dekapan Kematian (2013).

Tidak hanya sukses di dunia perfileman dan menjadi penulis serta pendakwah, Oki juga berhasil meraih yang terbaik di dunia pendidikan.

Jika kebanyakan orang meraih gelar doktor di usia yang cukup berumur, tetapi Oki mampu meraih gelar tersebut di usia yang masih terbilang muda, yakni di usia 31 tahun.

Di mana pada 23 Oktober 2020 lalu, Oki baru saja meraih gelar doktor di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Desainer kenamaan ini mengambil konsentrasi dakwah dan komunikasi dengan judul disertasi Pengajian Selebriti Hijrah Kelas Menengah Muslim (2000-2019): Respon Atas Dakwah Salafi dan Jamaah Tabligh.

Tak mudah bagi bintang film Ketika Cinta Bertasbih itu untuk kuliah pascasarjana karena juga mengurus anak. Apalagi dia harus menyelesaikan disertasi sembari hamil anak ke empat.

Sang suami selalu memberi semangat dan dukungan untuk menempuh pendidikan. Rio, sapaan sang suami, juga ikut membantu mengurus anak ketika Oki belajar.

Baca juga: Gus Baha: Ulama Fakihul Quran Menolak Gelar Doktor

Adapun alasan Oki memilih penelitian dengan judul disertasi demikian karena memang terjadi pada kenyataannya. Rekan selebriti beberapa tahun belakangan yang memilih hijrah ke arah yang lebih baik.

"Artinya semangat beragama tampak besar terjadi di kelompok kelas menengah muslim. Khususnya selebriti berhijrah," ujar Oki.

KELUARGA

Orang Tua: Sulyanto dan Yunifah Lismawati

Suami: Ory Vitrio De Janeiro

Anak:

1. Maryam Nusaibah Abdullah (2014)

2. Khadeejah Faatimah Abdullah (2016)

3. Ibrahim Muhammad Abdullah (2017)

PENDIDIKAN

- SMA Negeri 1 Depok

- Sarjana Humaniora, Program Studi S1 ??Sastra Belanda FIB UI (2012)

- Magister Pendidikan, Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini UNJ (2015)

- Doktor, Program Studi S3 Pengkajian Islam Konsentrasi Pendidikan Islam UIN Jakarta (2020)

KARIER

Filmografi

Ketika Cinta Bertasbih (2008)

Ketika Cinta Bertasbih 2 (2009)

Demi Cinta (2017)

Sinetron

Ketika Cinta Bertasbih Spesial Ramadhan

Ketika Cinta Bertasbih Meraih Ridho Ilahi

Dari Sujud Ke Sujud

Anak-Anak Manusia

Acara TV

Islam Itu Indah

Curahan Hati Perempuan

Buku

Melukis Pelangi: Catatan Hati Oki Setiana Dewi (2011)

Sejuta Pelangi: Pernik Cinta Oki Setiana Dewi (2012)

Cahaya di Atas Cahaya: Perjalanan Spiritual Oki Setiana Dewi (2012)

Hijab I'm In Love (2013)

Dekapan Kematian (2013)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga