Logo Telisik.id

Oknum Dosen IAIN Kendari Diduga Lakukan Pelecehan ke Mahasiswi

9725 dibaca Oknum Dosen IAIN Kendari Diduga Lakukan Pelecehan ke Mahasiswi

Kedatangan puluhan mahasiswa di Kantor Senat Mahasiswa IAIN Kendari melaporkan oknum dosen yang diduga melakukan pelecehan pada mahasiswi. Foto: Ibnu/Telisik

" Setelah itu dia minta saya untuk pergi sendiri di ruangannya besok pagi jam 9, saya tanya untuk apa, tapi jawabannya datang saja jalan-jalan untuk berfoto. Kalau tidak datang, katanya mau dikasi eror nilaiku, walaupun dia tidak mengajar di kelasku semester ini."

KENDARI, TELISIK.ID - Puluhan mahasiswi IAIN Kendari keluhkan ulah salah satu oknum dosen yang diduga lakukan pelecehan.

Mahasiswi yang mayoritas berasal dari Fakultas Tarbiyah IAIN Kendari berbondong-bondong melaporkan tindakan oknum dosen tersebut di kantor Senat Mahasiswa (SEMA) IAIN Kendari sekira pukul 10.10 wita, Senin (16/11/2020).

NF, Salah satu mahasiswi Program Studi Tadris Biologi yang merasa dirugikan oleh oknum dosen tersebut menceritakan kronologis pelecehan yang dialaminya.

"Awalnya saya hendak ke BTN (rumah) teman saya, tiba-tiba saya berpapasan dengan oknum dosen berinisial A itu, terus pada saat saya sampai di BTN-nya teman, dosen itu chat saya. Tidak lama kemudian dia video call dan memaksa untuk memperlihatkan temanku yang sedang tidak memakai jilbab," ungkapnya, Senin (16/11/2020).

Lanjut NF, selain itu oknum dosen itu juga meminta untuk diizinkan berkunjung ke BTN tersebut walaupun saat itu sudah larut malam.

"Setelah itu dia minta saya untuk pergi sendiri di ruangannya besok pagi jam 9, saya tanya untuk apa, tapi jawabannya datang saja jalan-jalan untuk berfoto. Kalau tidak datang, katanya mau dikasi eror nilaiku, walaupun dia tidak mengajar di kelasku semester ini," tambahnya.

Tak hanya NF, ANS seorang mahasiswi yang juga berasal dari Fakultas Tarbiyah mengeluhkan hal yang sama.

Baca juga: Gegara Miras, Seorang Pria di Wakatobi Dibunuh Teman Minumnya

ANS juga menceritakan, ia diajak ke ruangan dosen itu untuk berfoto yang tak ada jarak lagi, sampai-sampai bahu mereka bersentuhan dengan alasan sebagai dokumentasi tugas yang telah ia paparkan.

"Katanya itu foto mau dikirim di grup tapi sampai sekarang ndak ada foto itu dikirim," tuturnya.

Ketua SEMA Fakultas Tarbiyah, Yogi Indrayadin yang ditemani Ketua HMPS Tadris Biologi, Muh.Miftahur Risqo menjelaskan tujuan kedatangan puluhan mahasiswa ke Kantor SEMA IAIN Kendari.

"Kedatangan teman-teman hari ini untuk melaporkan ke SEMA I terkait ulah oknum dosen yang diduga lakukan pelecehan, dan saya tidak terima kasus tersebut," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua SEMA IAIN Kendari, Sarman menegaskan, pihaknya akan merespon cepat laporan tersebut.

Lanjut Sarman, berdasarkan data yang masuk, saat ini sebanyak 11 orang yang telah melaporkan oknum dosen itu dengan berbagai motif.

"Saya selaku Ketua SEMA IAIN Kendari, melihat dari kode etik, dosen ini telah melanggar dan merusak nama baik IAIN. Kita akan cari dulu solusi dengan birokrasi tapi jika birokrasi seakan membiarkan, saya akan melakukan aksi demonstrasi," pungkasnya. (A)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Post Tags:

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video