Olahan Daun Kelor Jadi Souvenir KTT G20 ASEAN

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 05 November 2022
0 dilihat
Olahan Daun Kelor Jadi Souvenir KTT G20 ASEAN
Teh Kelor Kingdom digagas oleh Nasrin dari Desa Malaju, Kecamatan Kilo Dompu yang melihat potensi kelor dan mengolahnya menjadi teh kelor dan akan dijadikan sebagai souvenir pada KTT G20 ASEAN di Bali. Foto: Repro Kompas.com

" Olahan daun kelor atau moringa terpilih menjadi souvenir resmi acara KTT G20 ASEAN yang akan berlangsung pada 15 November 2022 "

DENPASAR, TELISIK.ID - Kelor atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan nama moringa oleifera, merupakan jenis tanaman tropis yang sangat mudah dikenali dari ukuran daunnya yang kecil.

Pohon kelor sangat mudah tumbuh pada tanah yang bisa dikatakan tidak terlalu subur. Sejak dahulu kelor sudah digunakan baik untuk pengobatan tradisional, jamu maupun dalam ritual yang berbau mistis.

Siapa sangka olahan dari tanaman ini menjadi salah satu souvenir dalam kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ASEAN yang akan berlangsung pada 15 November 2022 mendatang.

Dikutip dari Tribunnews.com, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengungkapkan, olahan daun kelor atau moringa terpilih menjadi souvenir resmi acara KTT G20.  

Baca Juga: Cukai Tembakau Dinaikkan, DPR Nilai Pemerintah Tak Pro Petani Tembakau

Teten Masduki menjelaskan bahwa daun kelor merupakan produk yang memiliki manfaat tinggi atau dijuluki super food. Produk olahan daun kelor diproduksi dalam skala besar dan telah diperkenalkan di KTT G20.

Dikutip dari Bisnis.com, produk olahan ini berupa teh kelor. Teh Kelor Kingdom digagas oleh Nasrin berasal dari Desa Malaju, Kecamatan Kilo Dompu yang melihat potensi kelor yang tumbuh subur di desanya.

Baca Juga: Pemprov DKI Apresiasi 2 Koleksi Unggulan Museum Seni Rupa dan Keramik Ditetapkan Benda Cagar Budaya

Dia kemudian terinspirasi untuk mengolah daun kelor tersebut seperti teh sehingga dikenal sebagai Teh Kelor Moringa Kingdom. Sambutan pasar terhadap produk tersebut sangat positif sehingga permintaan terus meningkat.

Distribusi pasar Teh Kelor Moringa menyebar di Provinsi NTB bahkan sampai ke Brunei Darussalam, Malaysia dan Taiwan, walaupun masih melalui distributor di Jakarta. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga