Olahan Ikan Terenak di Asia Tenggara Ternyata Makanan Indonesia, Cek Daftarnya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 30 September 2023
0 dilihat
Olahan Ikan Terenak di Asia Tenggara Ternyata Makanan Indonesia, Cek Daftarnya
Pempek menempati peringkat teratas sebagai hidangan ikan olahan terbaik. Foto: Repro Bandungklik.com

" Taste Atlas merilis daftar 10 hidangan ikan olahan terenak di Asia Tenggara. Terdapat tiga kuliner khas Indonesia yang masuk di daftar ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Indonesia punya banyak kekayaan kuliner dan makanan nusantara yang diakui kelezatannya di dunia. Tak hanya nasi goreng dan mie goreng, makanan olahan ikan seperti pempek, baru-baru ini juga dinobatkan sebagai makanan olahan ikan terbaik di Asia Tenggara.

Dilansir dari Databooks.katadata.id, situs panduan wisata dan kuliner Taste Atlas merilis daftar 10 hidangan ikan olahan terenak di Asia Tenggara. Terdapat tiga kuliner khas Indonesia yang masuk di daftar ini.

Pempek menempati peringkat teratas sebagai hidangan ikan olahan terbaik pada September 2023, dengan perolehan skor 4,7 dari 5 poin. Pempek merupakan makanan tradisional khas Palembang, Sumatera Selatan, yang terbuat dari daging ikan giling, umumnya ikan gabus atau tenggiri, serta tapioka.

"Makanan berbentuk bulat atau persegi panjang ini biasanya dikukus. Kemudian sebelum disajikan, pempek digoreng dengan minyak sayur dan dipotong-potong seukuran sekali gigit," tulis Taste Atlas dalam laporannya.

Kemudian di peringkat dua ada ikan bakar asal Indonesia dengan skor 4,6 dari 5 poin. Hidangan ini dapat dijumpai di berbagai penjuru Nusantara. Biasanya ikan dilumuri dulu dengan sambal, kecap, kunyit, lengkuas, dan bumbu-bumbu lainnya, lalu dibakar hingga matang.

Baca Juga: Makanan Indonesia Ini Jadi Sup Terbaik di Dunia Versi Taste Atlas

"Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus cocolan seperti sambal belacan dan sambal kecap," kata Taste Atlas.

Kemudian peringkat ketiga diisi oleh canh chua ca atau sup asam manis asal Vietnam yang memperoleh skor 4,5 poin. Sup berbahan dasar ikan ini memiliki ciri khas kombinasi rasa manis, pedas, dan asam yang unik. Lalu disajikan bersama kaldu, potongan nanas, tomat, okra, tauge, dan sayuran lainnya.

Adapun peringkat ke-10 kembali ditempati makanan khas Indonesia, yaitu pecel lele dengan skor 3,9 poin. Satu porsi pecel lele biasanya terdiri dari lele goreng, dipadukan dengan sambal terasi, mentimun, selada, dan kubis. Dapat juga disajikan bersama nasi putih, tahu, dan tempe sebagai pelengkap.

Baca Juga: Rendang Jengkol Makanan Kesukaan Keluarga

Berikut daftar lengkap 10 hidangan ikan olahan terbaik di Asia Tenggara versi Taste Atlas per 13 September 2023 dikutip dari Bandungklik.com.

1. Pempek (Indonesia): 4,7 poin

2. Ikan bakar (Indonesia): 4,6 poin

3. Canh chua ca (Vietnam): 4,5 poin

4. Daing na bangus (Filipina): 4,3 poin

5. Keropok lekor (Malaysia): 4,2 poin

6. Pla neung manao (Thailand): 4,2 poin

7. Daing (Filipina): 4,1 poin

8. Khanom chin nam ya (Thailand): 4,1 poin

9. Amok trey (Kamboja): 4,1 poin

10. Pecel lele (Indonesia): 3,9 poin. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga