Olahan Sampah Plastik Jadi Paving Block untuk Disampaikan pada Pemerintah

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 25 Juli 2021
0 dilihat
Olahan Sampah Plastik Jadi Paving Block untuk Disampaikan pada Pemerintah
Paving block yang diolah dari sampah. Foto: Ist.

" Untuk kegiatan di bank sampah, kata Erna, JARS berinovasi salah satunya dengan mengubah sampah plastik menjadi paving block "

KENDARI, TELISIK.ID - Sampah plastik bekas bungkus makanan dan minuman ringan yang tak ada nilai ekonomisnya, bisa disulap menjadi produk berdaya guna dan bernilai.

Divisi Program Jendela Rumah Sehati (JARS) Foundation, Erna Hernawati mengatakan, program mengubah sampah plastik memang merupakan salah satu program dari JARS yang terfokus pada bank sampah.

Untuk kegiatan di bank sampah, kata Erna, JARS berinovasi salah satunya dengan mengubah sampah plastik menjadi paving block.

"Sampah yang digunakan untuk membuat paving block adalah sampah yang tidak memiliki nilai jual. Seperti kemasan indomie atau snack karena kalau untuk kardus atau botol itu memiliki nilai ekonomis," ungkapnya, Minggu (25/7/2021).

Erna menambahkan, pada bank sampah JARS memiliki teknologinya salah satunya mesin melter, maka dari itu sampah yang tidak bernilai diubah menjadi sebuah paving block yang bisa dipergunakan.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Sampah Rumah Tangga Ini Bisa Disulap Menjadi Pupuk Kompos

Baca Juga: Optimalkan Pemberdayaan Keluarga, Warga Bentuk Bank Sampah

"Karna nanti punya nilai ekonominya juga di situ," katanya.

Ia juga menuturkan, tujuan dari pembutan paving block ini belum untuk dipasarkan, hanya sebatas inovasi untuk disampaikan pada pemerintah.

Untuk diketahui, JARS Foundation telah bekerjasama dengan Pemerintah Kota Kendari melalui DLHK dalam program pengolaan sampah berbasis masyarakat. (C-Adv)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga