Olimpiade Paris 2024: Fajar/Rian Wakil Pertama Indonesia ke Fase Gugur

Mustaqim, telisik indonesia
Senin, 29 Juli 2024
0 dilihat
Olimpiade Paris 2024: Fajar/Rian Wakil Pertama Indonesia ke Fase Gugur
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, lolos ke fase gugur Olimpiade Paris 2024 usai mengalahkan pasangan Prancis, Lucas Corvee/Ronan Labar, 21-13 dan 21-10 di La Chapelle Arena, Senin (29/7/2024) sore WIB. Foto: PP PBSI

" Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, menjadi wakil pertama Indonesia yang melaju ke babak perempat final cabang olahraga bulutangkis Olimpiade Paris 2024 "

PARIS, TELISIK.ID – Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, menjadi wakil pertama Indonesia yang melaju ke babak perempat final cabang olahraga bulutangkis Olimpiade Paris 2024.

Kepastian ini diperoleh setelah Fajar/Rian mengalahkan wakil tuan rumah Prancis, Lucas Corvee/Ronan Labar, di La Chapelle Arena, Senin (29/7/2024) sore WIB. Fajar/Rian menang 21-13 dan 21-10.

Meski menyisakan satu pertandingan di Grup C melawan ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, Fajar/Rian tetap dinyatakan lolos ke fase gugur. Dua pasangan itu dijadwalkan bertanding pada Selasa (30/7/2024) pukul 19:00 WIB untuk penentuan juara dan runner up grup. 

Sebelum menaklukkan Corvee/Labar, Fajar/Rian mengalahkan pasangan Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel. Namun, pasangan Jerman tersebut kemudian menyatakan mundur dari Olimpiade Paris 2024 karena Lamfuss mengalai cedera lutut.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Anthony Ginting dan Gregoria Mariska Tunjung Berpeluang ke 16 Besar

Merujuk pada peraturan Badminton World Federation (BWF) atau Federasi Bulutangkis Dunia, pertandingan Lamsfuss/Seidel yang tersisa tidak akan dimainkan.

“Sesuai dengan peraturan kompetisi BWF untuk babak penyisihan grup, hasil dari semua pertandingan yang telah dimainkan atau yang belum dimainkan di Grup C saat ini dihapus,” demikian keterangan resmi dari BWF.

Kemenangan Fajar/Rian atas pasangan Corvee/Labar sesuai yang diharapkan oleh tim pelatih dan offisial cabor bulutangkis Indonesia.  

Corvee/Labar lolos ke Olimpiade Paris 2024 karena menang gugatan di Court of Abritration for Sport (CAS). BWF kemudian menambah peserta ganda putra menjadi 17 pasang.

Selain Fajar/Rian yang sudah memastikan melaju ke fase gugur, tiga wakil lainnya Indonesia dari cabor bulutangkis juga berpeluang menyusul. Mereka adalah dua tunggal putra, Antony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, dan tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Ketiga pemain tunggal andalan Indonesia itu akan bermain pada hari yang sama yakni Rabu (31/7/2024) namun jam yang berbeda.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Kevin Cordon Calon Lawan Jonatan Christie Mundur

Ginting akan ditantang Toma Junior Popov (Prancis) pukul 21:30 WIB , Jonatan Christie pada pukul 15:10 WIB melawan Lakshya Sen (India), dan Gregoria main pukul 19:50 WIB berhadapan Tereza Svabikova (Republik Ceko).

Dua wakil Indonesia di cabor bulutangkis dipastikan tersingkir. Mereka adalah ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan ganda campuran Rinov Rivaldi/Pitha Haningtyas Mentari.

Rinov/Pitha tersingkir usai kalah dari wakil tuan rumah Thom Gicquel/Delphine Delrue dengan skor 13-21 dan 15-21 dalam laga Grup A di La Chapelle Arena, Senin (29/7/2024).

Sementara Apriyani/Fadia lebih dulu tersingkir sehari sebelumnya setelah menelan dua kekalahan beruntun dari pasangan Jepang dan China. (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga