Omset Meningkat, Pelaku UMKM di Buton Utara Turut Meriahkan HUT ke-78 RI

Rina Gayatri, telisik indonesia
Kamis, 17 Agustus 2023
0 dilihat
Omset Meningkat, Pelaku UMKM di Buton Utara Turut Meriahkan HUT ke-78 RI
Puluhan lapak pelaku UMKM terlihat memadati lapangan Raja Jin yang turut meriahkan HUT ke-78 Ri. Foto: Rina Gayatri/Telisik

" Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), tak mau kehilangan peluang melihat ramainya masyarakat Buton Utara yang tengah merayakan HUT ke-78 RI dengan berbagai lomba yang berpusat di lapangan Raja Jin "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), tak mau kehilangan peluang melihat ramainya masyarakat Buton Utara yang tengah merayakan HUT ke-78 RI dengan berbagai lomba yang berpusat di lapangan Raja Jin, Kamis (17/8/2023).

Masyarakat Buton Utara antusias menyambut HUT ke-78 RI. Setiap harinya ribuan masyarakat terlihat padat memenuhi lapangan Raja Jin guna menyaksikan berbagai jenis lomba. Perlombaan tersebut dimulai sejak 3-17 Agustus 2023.

Terlihat puluhan lapak para pedagang dengan dagangan yang bervariasi, mulai dari yang jualan es krim, es teh, es jeruk, cendol, siomai, serta berbagai macam jenis jajanan lainnya.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Pedagang di Buton Utara Punya Cara Hadapi Kenaikan Harga Ikan

Menurut pengakuan salah seorang penjual jajan dan minuman dingin, Mali (57) mengaku, meraup keuntungan 3 sampai 4 kali lipat dari hari-hari biasa.

"Kalau ramai begini pasti ada saja pembeli," jelasnya singkat.

Mali merasa senang bila ada kegiatan seperti itu, karena bisa memperbaiki perekenomian keluarganya.

Senada, pedagang es dawet asal Jawa, Agus mengaku, sangat bersyukur mendapat keuntungan dua kali lipat dari jualan mangkal di salah satu sekolah.

"Keuntungannya lebih banyak kalau ada kegiatan begini, bisa 2 kali lipat atau bahkan lebih," ungkapnya.

Baca Juga: Kakek Lajii di Buton Utara Keciprat Bantuan Pemerintah

Ketika ada kegiatan besar seperti itu, ia menyiapkan dagangan yang lebih banyak untuk persiapan diserbu para pembeli yang kehausan di bawah terik matahari.

"Hari-hari biasa saya siapkan sekitar 50 porsi, kalau di tempat ramai begini saya siapkan kurang lebih 100 porsi per hari," lanjut Agus.

Hingga perlombaan selesai, para pedagang terlihat sibuk melayani para pembeli. Dengan adanya kegiatan seperti itu, pedagang lokal lebih bersemangat untuk berjualan, dengan harapan meraup keuntungan yang lebih banyak dari hari-hari biasa. (A)

Penulis: Rina Gayatri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga