Operasi Gagal, Hidung Wanita Ini Tumbuh di Lengan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 14 November 2022
0 dilihat
Operasi Gagal, Hidung Wanita Ini Tumbuh di Lengan
Seorang wanita Toulouse, Prancis, kehilangan sebagian besar wajahnya dalam pengobatan kanker rongga hidung. Sehingga membuat dokter memutar otak dan membuatkan hidung baru di lengan. Foto: Repro Lbc.co.uk

" Nantinya, hidung yang tumbuh di lengan tersebut akan ditransplantasikan ke hidung pasien "

PRANCIS, TELISIK.ID - Seorang wanita Toulouse, Pranci, kehilangan sebagian besar wajahnya dalam pengobatan kanker rongga hidung.

Dilansir dari Tribbunpekanbaru.com, sebelumnya telah dilakukan rangkaian radioterapi dan kemoterapi yang ekstensif pada 2013, yang membuat kehilangan sebagian wajahnya, termasuk bentuk hidungnya.

Dokter mencoba beberapa kali untuk merekonstruksi hidungnya di wajahnya. Namun, perawatan ini selalu gagal. Hal ini membuat tim dokter memutar otak untuk menumbuhkan hidung barunya.

Seorang dokter bedah plastik lalu mencoba menumbuhkan hidung di lengan wanita itu. Hidung tersebut lantas ditransplantasikan ke bagian wajah. Prosedur ini, baru pertama kali dicoba. Ahli bedah plastik mengatakan bahwa ini adalah contoh pertama dari prosedur tersebut.

Mengutip Sindonews.com, praktik ini dimulai dengan printer. Dokter memutuskan untuk memasukkan printer 3D dengan menyesuaikan bentuk hidung. Metode baru ini melibatkan pertumbuhan kulit di atas prostetik cetak 3D diusulkan dan dicoba di rumah sakit di Toulouse.

Baca Juga: China Ciptakan Mother Of Bombs, Diklaim Senjata Paling Kuat

Cerhum, perusahaan asal Belgia yang membuat prostetik cetak 3D tersebut mengatakan, nantinya, hidung yang tumbuh di lengan tersebut akan ditransplantasikan ke hidung pasien.

"Transplantasi organ atau cangkok organ adalah pemindahan seluruh atau sebagian organ dari satu tubuh ke tubuh yang lain, atau dari suatu bagian ke bagian yang lain pada tubuh yang sama," tuturnya, dikutip dari Sindonews.com.

Ahli bedah serviks di Rumah Sakit Universitas Toulouse dan Institut Claudius Regaud menggunakan operasi intensif dan rumit untuk menghubungkan pembuluh darah di lengannya ke pembuluh darah di wajahnya. Operasi itu sukses dan pasien menyelesaikan transplantasi dengan hidung baru.

Baca Juga: Wanita Cantik Ini Jadi Pembicara di KTT G20 Bali, Aktris dan Aktivis dengan Harta Triliunan

"Setelah 10 hari dirawat di rumah sakit dan tiga minggu antibiotik, kondisi pasien sangat baik," kata petugas medis dilansir dari Tribbunpekanbaru.com.

Menurut Cerhum, metode medis ini membuka jalan menuju perawatan yang lebih nyaman bagi pasien yang cacat karena tumor atau trauma lainnya. Cerhum menyebut bahwa pasien wanita sudah pulih dan terus dimonitor oleh para dokter.

Belum diketahui apakah pasien dapat mengendus melalui hidungnya sampai proses pembengkakan dan penyembuhannya selesai. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga