Operasi Keselematan Anoa 2024 Polda Sulawesi Tenggara Dimulai

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 01 Maret 2024
0 dilihat
Operasi Keselematan Anoa 2024 Polda Sulawesi Tenggara Dimulai
Dirlantas Polda Sulawesi Tenggara, Kombes Pol Zainal Rio Chandra Tangkari, saat memberikan keterangan pada awak media. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Operasi Keselamatan Anoa 2024 oleh Polda Sulawesi Tenggara, menghadapi masa Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, akan dimulai, berlangsung selama empat belas hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Operasi Keselamatan Anoa 2024 oleh Polda Sulawesi Tenggara, menghadapi masa Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, akan dimulai, berlangsung selama empat belas hari.

Untuk itu, digelar Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan, dipimpin oleh Irwasda Polda, Kombes Pol Yun Imanullah. Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat utama, personel gabungan TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, klub motor, dan siswa SMA, di lapangan Apel Presisi Polda, Jumat (1/3/2024) pagi.

"Operasi keselamatan ini adalah bagian dari upaya kami untuk memperkuat kamseltibcarlantas," kata Kombes Pol Yun Imanullah, membacakan pesan dari Kapolda, Irjen Pol Drs. Teguh Pristiwanto.

Operasi Anoa 2024 direncanakan berlangsung selama 14 hari dengan fokus pada peningkatan kepatuhan dan keselamatan. Dalam pelaksanaannya, petugas akan mengambil pendekatan humanis dengan harapan bahwa tingkat kedisiplinan pengendara akan meningkat, mengurangi pelanggaran lalu lintas, dan meningkatkan keselamatan.

Baca Juga: Operasi Lilin Anoa 2023, Polda Sulawesi Tenggara Siap Amankan Perayaan Nataru

"Dalam melakukan operasi ini, keamanan, keselamatan, dan kesehatan personel kami menjadi prioritas utama, sementara kami juga terus mengkampanyekan disiplin berkendara kepada masyarakat," tambahnya.

Dir Lantas Polda Sulawesi Tenggara, Kombes Pol Zainal Rio Chandra Tangkari, menyatakan bahwa kegiatan serupa juga dilakukan di seluruh Indonesia, terutama di wilayah Polda Sulawesi Tenggara. Melibatkan 484 personel, operasi ini bertujuan untuk mengurangi potensi pelanggaran yang dapat menyebabkan kemacetan dan kecelakaan.

Baca Juga: Operasi Zebra Anoa di Buton Utara, Berikut 7 Jenis Sasaran Pelanggaran

"Kami menggunakan pendekatan persuasif dan edukatif dalam operasi ini, dengan fokus pada upaya pencegahan. Namun, kami juga siap untuk bertindak tegas terhadap pelanggaran yang membahayakan," tegas Rio.

Dalam mengoptimalkan operasi ini, penegakan hukum akan dilakukan secara selektif, dengan memprioritaskan pelanggaran yang memiliki potensi risiko terhadap keselamatan lalu lintas.

Dengan demikian, Operasi Keselamatan Anoa 2024 diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, menjadikan perjalanan selama Ramadan dan Idul Fitri lebih aman dan nyaman bagi semua pemudik. (B-Adv)

Penuli: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga