Operator Excavator Asal Palu Hilang di Kawasan Tambang Konawe Utara

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 01 September 2024
0 dilihat
Operator Excavator Asal Palu Hilang di Kawasan Tambang Konawe Utara
Tim Basarnas saat melakukan persiapan pencarian di Lokasi yang sudah dipetakan. Foto: Ist.

" Seorang operator excavator asal Palu, Sulawesi Tengah, dilaporkan hilang di kawasan tambang Konawe Utara. Peristiwa ini terjadi pada Selasa (27/8/2024), dan hingga kini korban masih dalam pencarian "

KONAWE UTARA, TELISIK.ID - Seorang operator excavator asal Palu, Sulawesi Tengah, dilaporkan hilang di kawasan tambang Konawe Utara. Peristiwa ini terjadi pada Selasa (27/8/2024), dan hingga kini korban masih dalam pencarian.

Informasi yang dihimpun Telisik.id, kejadian bermula saat seluruh karyawan tambang sedang melakukan kegiatan P5M pada pukul 18.15 Wita. Namun, Ilham (31), operator excavator yang berasal dari Kecamatan Tatangge, Kota Palu, tidak mengikuti kegiatan tersebut.

Menurut saksi, Ilham terlihat naik ke lokasi tambang menggunakan alat berat tanpa mengenakan helm. Setelah kegiatan P5M selesai, seluruh operator excavator dihubungi melalui radio HT untuk menyalakan alarm alat berat mereka, namun Ilham tidak memberikan respon.

Baca Juga: Bapaslon Bahtera Komitmen Tingkatkan PAD dan Buka Lapangan Kerja Baru

Rekan-rekannya kemudian mencari Ilham di lokasi tempat excavatornya berada, namun tidak menemukan Ilham di sana. Pencarian intensif langsung dilakukan di sekitar lokasi, tetapi hingga saat ini Ilham belum ditemukan.

Berdasarkan keterangan tertulis, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari, Amiruddin A.S., pada Minggu (1/9/2024) menerima laporan dari Riswan, rekan kerja Ilham, bahwa seorang pekerja dinyatakan hilang di hutan kawasan pertambangan IUP PT. RSB di Desa Boedingi, Kecamatan Lasolo Kepulauan.

Baca Juga: Kakao Plus Program Kerja Anton-Abbas Sektor Pertanian Hilangkan Pemborong Berdayakan Petani

Tim Rescue Pos SAR Konawe Utara diberangkatkan pada pukul 13.15 Wita menuju lokasi kejadian dengan jarak sekitar 22,27 NM dari Pos SAR Konawe Utara. Kondisi cuaca saat itu cerah berawan dengan kecepatan angin 4 hingga 11 km/jam dari arah timur dan tinggi gelombang mencapai 0,5 hingga 1 meter.

Tim SAR yang dikerahkan dilengkapi dengan berbagai peralatan seperti Rescue Car Double Cabin, RIB, Palsar Medis, Palsar Evakuasi, peralatan komunikasi, dan peralatan pendukung keselamatan lainnya. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani  

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga