Orang Tua Siswa Mengaku Kewalahan Jadi Guru Dadakan Anak Belajar Online

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 02 Desember 2020
0 dilihat
Orang Tua Siswa Mengaku Kewalahan Jadi Guru Dadakan Anak Belajar Online
Meski terlihat menyenangkan, pembelajaran di rumah bukanlah sesuatu yang mudah bagi para orang tua. Foto: Repro Tribunnews.com

" Walaupun pendidikan orang tua tinggi tapi orang tua bukan guru yang tahu tentang strategi dalam mengajar dan belajar untuk anak. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pandemi COVID-19 telah membuat perubahan besar pada dunia pendidikan, terkhusus di Indonesia.

Akibat pandemi, pembelajaran pun harus dilakukan secara daring (online). Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), orang tua berperan menggantikan sementara tugas guru di sekolah saat membimbing anak belajar dari rumah.

Meski terlihat menyenangkan, pembelajaran di rumah bukanlah sesuatu yang mudah bagi para orang tua.

Leni, salah satu orang tua siswa di Kota Kendari, menceritakan suka duka mengawal pembelajaran jarak jauh yang dilakukan sekolah ke anaknya yang berada di rumah.

Leni menganggap sistem pembelajaran online tidak berjalan efektif lantaran banyak orang tua tidak memahami cara dan strategi mengajar. Berbeda dengan guru yang memang sudah menguasai bagaimana teknik mentransfer ilmu ke peserta didik.

Baca juga: Dewan Minta Sekolah Tatap Muka di Jakarta Jangan Dibuka Dulu

“Walaupun pendidikan orang tua tinggi tapi orang tua bukan guru yang tahu tentang strategi dalam mengajar dan belajar untuk anak,” ungkapnya, Rabu (2/12/2020).

Leni juga mengaku mendapatkan kendala beragam, misalnya sering bingung memberi penjelasan ke anak bagaimana alur penyelesaian tugas yang diberikan oleh guru.

"Karena hanya dikasihkan buku untuk belajar, terus dikasihkan tugas tanpa diuraikan oleh guru bagaimana contoh penyelesainnya, karena seorang anak perlu mengetahui bagaimana mendapatkan jawaban tersebut,” ujarnya.

Leni pun berharap hal-hal yang seperti itu mampu dipecahkan apalagi ia seorang ibu rumah tangga yang mempunya beban cukup besar di rumah selain mengawasi anak yang sedang belajar daring. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga