Orang Tua Wajib Ajarkan 5 Hal Ini Pada Anak Sejak Usia Dini

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 07 Januari 2022
0 dilihat
Orang Tua Wajib Ajarkan 5 Hal Ini Pada Anak Sejak Usia Dini
Orang tua wajib mengajarkan hal ini pada anak untuk membentuk karakternya. Foto: Repro Shutterstock

" Meskipun terlihat sepele padahal sangat bermanfaat untuk membentuk karakter anak kelak "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki seorang anak atau memiliki seorang adik yang masih kecil, tentulah membuat kita mengajarkan banyak hal dalam proses tumbuh kembangnya. 

Namun terkadang ada beberapa hal yang sering luput dari perhatian kita. Dan sering sekali tidak benar-benar diajarkan kepada mereka sedari kecil.

Meskipun terlihat sepele padahal sangat bermanfaat untuk membentuk karakternya kelak. 

Berikut 5 hal dasar yang perlu diajarkan pada anak sejak kecil dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id.

1.  Mengucapkan terima kasih, maaf, dan tolong

Kata terima kasih, tolong, dan maaf memang pendidikan paling dasar yang harus diajarkan pada anak dan penting diterapkan sampai ia dewasa. Dengan begitu, orang tua mengajarkan anaknya untuk selalu rendah hati dan menghormati orang lain.

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini 5 Jenis Mentega yang Perlu Anda Tahu

2. Berlapang dada

Seperti yang kita tahu, anak-anak biasanya tidak suka diprotes atau dilarang melakukan sesuatu. Mereka sensitif dengan kata jangan, yang biasa terjadi mereka akan langsung menangis bila menerima penolakan. Akan tetapi, hal tersebut perlu dibiasakan sejak kecil, ajarkan anak untuk berlapang dada bila ada penolakan semacam itu agar kelak dewasa ia tidak mudah berkecil hati.

3. Berbagi

Ajarkan anak untuk rela berbagi apa yang ia punya pada orang lain, misalnya yang paling dekat dan sederhana adalah berbagi makanan atau mainan dengan saudara kandungnya. Pendidikan berbagi sangat penting diajarkan agar kelak ia tidak hanya memikirkan dirinya sendiri dan memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Baca Juga: Mengenal Gejala Fobia dan Tanda-Tandanya

4. Sopan santun

Sopan santun adalah hal penting yang harus diajarkan orang tua kepada anaknya sejak masih kecil. Terlebih lagi, orang Indonesia sangat menjunjung tinggi norma kesopanan. Ajarkan anak untuk berbicara yang baik, berpakaian sopan, serta bertingkah laku santun. Bukan hanya di tempat atau pada orang tertentu, sopan santun harus selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Mengajarkan untuk bertanggung jawab

Dilansir Idntimes.com, mungkin kata bertanggung jawab terdengar berat untuk di ajarkan kepada si kecil. Bertanggung jawab di sini bukan lah mengajarkan bertanggung jawab selayaknya orang dewasa pada umumnya.

Mengajarkan tanggung jawab kepada si kecil bisa dengan cara memintanya untuk membereskan kembali mainan yang sudah ia mainkan dan meletakkan kembali di tempatnya. Terlihat sepele tapi bermanfaat untuk membentuk karakternya. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga